PENGARUH VIRAL MARKETING DAN ETIKA KONSUMSI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE DI INDONESIA

Dwi, Indah Pratiwi (2022) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN ETIKA KONSUMSI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE DI INDONESIA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS DWI INDAH P.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi digital mempemudah dalam pembelian barang dan jasa sehingga muncul marketplace. Keberadaan teknologi tersebut membuat pemasaran berkembang seperti adanya viral marketing. Hal ini mendorong para pemilik usaha untuk mulai memindahkan platform toko online kedalam bisnisnya. Viral marketing merupakan teknik pemasar yang disampaikan dari satu konsumen ke konsumen lain melalui cara-cara digital dalam bentuk email atau video. Beragamnya pilihan barang dan jasa untuk dikonsumsi menjadikan agama dan etika sebagai taruhannya dalam ekonomi Islam tujuan konsumsi adalah memaksimalkan maslahah dan memenuhi dharuriyah (kebutuhan) hajiyah (kemudahan) dan tahsaniyah (penyempurnaan) sayangnya banyak umat Islam saat ini dalam banyak kasus tidak memenuhi syariah perintah. Dengan demikian identifikasi untuk mengetahui akar penyebabnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan rumusan masalah mengenai pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian pada marketplace di Indonesia, pengaruh etika konsumsi Islam terhadap keputusan pembelian pada marketplace di indonesia, serta pengaruh viral marketing dan etika konsumsi Islam secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada marketplace di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan etika konsumsi Islam terhadap keputusan pembelian pada marketplace baik secara parsial ataupun simultan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan field research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk Indonesia tahun 2021 sedangkan sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel digunakan memenuhi kriteria sehingga total sampel adalah 379 sampel. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa viral marketing dan etika konsumsi Islam berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace baik secara simultan dan parsial. Sehingga semakin tinggi produsen melakukan strategi viral marketing dan diimplementasikannya etika dalam berkonsumsi secara Islam maka akan mempengaruhi keputusan pembelian pada marketplace secara positif. Kata Kunci: Viral Marketing, Etika Konsumsi Islam, Keputusan Pembelian iii ABSTRACT The development of digital technology facilitates transactions such as ordering goods and services, which subsequently leads to the evolution of the marketplace. The growth of this technology has also led to the rise of viral marketing, which encourages business owners to merge their online store platform into that business strategy. Viral marketing seeks to spread information of a product or service from one consumer to another through digital means such as email or video. The choice of goods and services for consumption may be associated with religious and ethical aspects. In Islamic economics, consumption aims to maximize maslahah and fulfill dharuriyah (needs), hajiyah (comfort) and tahsaniyah (repairs). However, many Muslims tend not to comply with sharia commands. Therefore, the root cause of the problem is highly required to be identified. Referring to that matter, the researcher was intended to examine the effect of viral marketing on purchasing decisions on marketplaces in Indonesia, the effect of Islamic consumption ethics on purchasing decisions on marketplaces in Indonesia, as well as the simultaneous effect of viral marketing and Islamic consumption ethics on purchasing decisions on marketplaces in Indonesia. This research was conducted to determine the effect of viral marketing and Islamic consumption ethics on purchasing decisions on the marketplaces, either partially or simultaneously. This research was classified as quantitative research with field research design. The population of this research consisted of the entire population of Indonesia in 2021, while the research samples were determined by using a purposive sampling technique. Samples that met the research criteria were amounted to 379 samples. The results showed that viral marketing and Islamic consumption ethics provided effect on purchasing decisions on the marketplaces, both simultaneously and partially. Therefore, viral marketing strategies and Islamic consumption ethics that tend to be implemented by producers will positively influence consumer purchasing decisions on the marketplaces. Keywords: Viral Marketing, Islamic Consumption Ethics, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:43
Last Modified: 30 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20758

Actions (login required)

View Item View Item