ANALISIS ETOS KERJA ISLAM PETANI PADI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI PEKON UNGGAK KEC. KELUMBAYAN KAB. TANGGAMUS (Studi Kasus Pada Petani Padi di Pekon Unggak Kec. Kelumbayan Kab. Tanggamus)

IFHAM, IFHAM (2022) ANALISIS ETOS KERJA ISLAM PETANI PADI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI PEKON UNGGAK KEC. KELUMBAYAN KAB. TANGGAMUS (Studi Kasus Pada Petani Padi di Pekon Unggak Kec. Kelumbayan Kab. Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of IFHAM FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tanaman Padi merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting baik untuk lingkup internasional maupun Indonesia sendiri, di Indonesia padi merupakan tanaman pangan penghasil beras yang memegang peranan penting dalam kehidupan ekonomi Indonesia karena sebagai makanan pokok yang sangat sulit digantikan oleh bahan pokok lainnya. Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi pusat perhatian dalam pembangunan nasional, khususnya yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan hasil-hasil strategis terutama yang menyangkut komoditas pangan. Di Pekon Unggak Mayoritas perkejaan penduduk nya bekerja sebagai Petani Padi. Sebagai petani padi harus mempunyai etos kerja yang baik ataupun sikap yang baik bertanggung jawab, disiplin atau pun yang lainnya tetapi ada beberapa petani padi di Pekon Unggak tidak memiliki jiwa etos kerja islam yang tidak baik. Jenis Metode Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriftif. Tempat penelitian ini yaitu Pekon Unggak Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Subjek penelitian berjumlah 18 orang yang bekerja sebagai Petani Padi. Tehnik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan permasalahan analisis etos kerja Islami petani padi dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Pekon Unggak Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus yang pada bab sebelumnya telah dibahas maka sebagai jawaban dari permasalahannya dapat disimpulkan bahwa Etos kerja petani padi di Pekon Unggak Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus masih kurang baik dalam beberapa hal dapat dilihat pada indikator keseimbangan bekerja dan beribadah, kemampuan mengatur waktu, kedisiplinan dan haus terhadap ilmu kedisplinan atau kerajinan dalam mengola sawah yang masih rendah sehingga dalam pemenuhan kebutuhan hanya mencukupi pada primer saja. Dan Etos kerja Islami yang ditunjukkan dari sikap petani padi di Pekon Unggak Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus ada yang menunjukkan etos kerja yang baik, seperti petani memiliki cita-cita untuk dapat hidup lebih lagi dari sebelumnya, dan memiliki komitmen yang kuat, Dan untuk etos kerja petani padi di Pekon Unggak Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus ditinjau dari ekonomi islam sudah cukup baik dimana petani padi memiliki orientasi terhadap masa depan dan haus terhadap ilmu dengan tujuan untuk dapat merubah kehidupan dimasa depan, hal ini dapat dilihat dari petani padi di Pekon Unggak memprioritaskan pendidikan anak setinggi dan semampu mungkin. Kata kunci : Etos Kerja Islam, Petani Padi, Pemenuhan Kebutuhan, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:09
Last Modified: 29 Aug 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20749

Actions (login required)

View Item View Item