PENGARUH KENAIKAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Di Kecamatan Pringsewu)

Isna, A’yunin Nadhirah (2022) PENGARUH KENAIKAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Di Kecamatan Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh pajak bumi dan bangunan dimana pada masa pandemi covid-19 membuat kenaikan pajak bumi dan bangunan di kecamatan pringsewu dan mengakibatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kecamatan pringsewu tidak stabil. Pajak menjadi sumber pendapatan penting daerah salah satunya pajak bumi dan bangunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kenaikan pajak bumi dan bangunan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan bagaimana kenaikan pajak bumi dan bangunan pada masa pandemi covid-19 mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat di kecamatan pringsewu dalam perspektif ekonomi islam Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) dan menggunakan SPSS untuk mengolah datanya. Jumlah masyarakat yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 orang. Data yang digunakan berupa data quesioner dimana data diperoleh dari lapangan secara langsung dari sumbernya, sehingga sumber data dalam penelitian lapangan ini adalah sumber data primer. Penelitian lapangan ini dilakukan dengan menggali data yang bersumber dari masyarakat kecamatan pringsewu yang terkena dampak dari wabah covid 19. Selain menggunakan penelitian lapangan (field research), Jenis penelitian ini juga menggunakan penelitian pustaka (library research) yaitu dengan mencari data atau informasi riset melalui membaca jurnal ilmiah, buku buku referensi, dokumen-dokumen yang berisi data yang telah teruji validitasnya. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa kenaikan pajak bumi dan bangunan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di kecamatan pringsewu karena hasil uji-t dimana nilai T hitung < t tabel yaitu 0,454 < 2,019. Pandemi covid-19 berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di kecamatan pringsewu dengan hasil uji-t dimana nilai T hitung < t tabel yaitu 0,342 < 2,019. Tinjauan perspektif ekonomi islam ditinjau dari Islam mendefinisikan pertumbuhan ekonomi sebagai perkembangan yang terus menerus dari faktor prouksi secara benar yang mampu memberikan kontribusi bagi kesejahteraan manusia. Dengan demikian, maka pertumbuhan ekonomi menurut islam merupakan hal yang sarat nilai. Namun pandemi covid-19 membuat penurunan pendapatan masyarakat ditinjau dari wawancara salah satu masyarakat kecamatan pringsewu yang mengeluh akibat pandemi covid-19 membuat penuruan pendapatan dari masyarakat tersebut. Data tersebut di perkuat dengan validnya dari pernyataan quesioner yang di berikan kepada narasumber. Kata Kunci: Pajak Bumi Dan Bangunan, Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi masyarakat, perspektif ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:54
Last Modified: 29 Aug 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20747

Actions (login required)

View Item View Item