EVEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Mitha, Mareza Febriani (2022) EVEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MITHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Selama pandemi berlangsung terdapat perubahan sistem pembelajaran yang mana biasanya dilakukan secara tatap muka, kini dilakukan dengan cara daring (dalam jaringan) diamana salah satunya memanfaatkan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran daring yang dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar PAI. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam tujuan penelitian ini adalah: Apakah ada evektivitas penggunaan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran daring terhadap motivasi belajar PAI pada peserta didik kelas IX SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besar tingkat evektivitas penggunaan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran daring terhadap motivasi belajar PAI pada peserta didik kelas IX SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan Agket. Sumber data primernya yaitu: hasil pengisian angket dan data sekunder yaitu catatan tugas, poster, Gambar, dan Struktur Organisasi. Adapun metode pendekatan yang penulis gunakan adalah, Jenis penelitian kuantitatif dalam penelitian korelasional. Kenggunakan jenis penelitian korelasional, yaitu hubungan antara dua atau lebih lebih dalam analisis data statistic. Dalam menganalisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Selanjutnnya Selanjutnnya dalam uji regresi linier Y = 24,700 + 0,582X, nilai signifikansi sebesar 0,55 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Tidak ada Evektivitas Penggunaan WhatssApp sebagai sarana pembelajaran terhadap Motivasi Belajar PAI Pada Peserta didik Kelas IX SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Hasil analisis koefisien determinasi sebesar 0,218 menunjukkan bahwa hubungan yang rendah yaitu pada interval kedua 0,20-0,399. Maka dapat disimpulakan bahwa Penggunaan WhatssApp sebagai sarana pembelajaran terhadap Motivasi Belajar PAI Pada Peserta didik Kelas IX SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung memiliki tingkat evektivitas yang rendah. Kata Kunci: WhatsApp, Sarana Belajar, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:44
Last Modified: 29 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20744

Actions (login required)

View Item View Item