TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG BAGI HASIL ANTARA PEMILIK DAN PENGELOLA KEBUN MELON (Studi di Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara)

Desta, Al Fitri Sari (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG BAGI HASIL ANTARA PEMILIK DAN PENGELOLA KEBUN MELON (Studi di Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsii 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsii Desta Al Fitri Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan praktik bagi hasil antara pemilik dan pengelola kebun melon di Desa Ratu Abung secara hukum Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu jenis penelitian yang turun langsung ke lapangan dan melihat yang sebenarnya terjadi. Selain penelitian lapangan, penulis juga menggunakan penelitian kepustakaan (library reseach) yaitu sebagai acuan literatur yang berkaitan dengan permasalahan di dalam penelitian ini. permasalah dalam skripsi ini adalah 1.Bagaimana praktik bagi hasil antara pemilik dan pengelola kebun melon di Desa Ratu Abung, 2.Bagaimana tinjauan hukum islam tentang bagi hasil antara pemilik dan pengelola kebun melon di Desa Ratu Abung. Tujuan skripsi ini untuk mendeskripsikan Tinjauan Hukum Islam tentang bagi hasil pengelolaan kebun melon di Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara dan mendeskripsikan praktik bagi hasil pengelolaan kebun melon di Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Penulis memutuskan untuk memakai metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bersumber dari data primer atau yang diperoleh langsung dari objek penelitian, dan data sekunder yaitu dari perpustakaan atau hasil laporan penelitian terdahulu yang berbentuk tulisan. Data sekunder dalam penelitian ini menjadi literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahasdalam penelitian ini. Tinjauan hukum Islam tentang praktik kerjasama bagi hasil kebun melon yaitu kerjasama yang belum sesuai dengan syari’at Islam, karena akad yang dilaksanakan yaitu akad lisan serta jangka waktu yang tidak ditentukan. Dalam Islam, menganjurkanjika bermu’amalah secara tunai dalam waktu yang ditentukan hendaknya ditulis serta Islam pula menjelaskan bahwa usaha dan sejenisnya harus mempunyai jangka waktu yang ditentukan dalam arti suatu perjanjian harus ada batasan waktunya. Kata kunci: Tinjauan, Hukum, praktik bagi hasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 29 Aug 2022 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20735

Actions (login required)

View Item View Item