PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELALAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA N 1 PUNGGUR

IRDA, ANGGRAENI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELALAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA N 1 PUNGGUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_VIRDA ANGGRAENI_1811060182.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses belajar Ilmu Pengetahuan Alam khususnya biologi, belajar seharusnya lebih dari sekedar menerima informasi, mengingat, dan menghafal. Bagi peserta didik untuk benar-benar mengerti dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan, harus bekerja untuk memecahkan masalah dan menemukan ide-ide. Tugas guru tidak hanya menuangkan sejumlah informasi pada peserta didik, tetapi mengusahakan bagaimana konsep-konsep penting dan sangat berguna tertanam kuat dalam pikiran peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu media liveworksheets terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelalajaran biologi kelas X di SMA N 1 Punggur. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan menggunakan dengan menggunakan metode Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA N 1 Punggur sebanyak 222 peserta didik yang didistribusikan dalam 7 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dan memperoleh kelas KBC (Kelompok Belajar Cepat) sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran liveworksheets sedangkan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari data pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji homogeneity of variances untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu media liveworksheets terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X pada materi eksositem di SMA N 1 Punggur yang ditunjukkan pada nilai sig. 0.000 < 0.05 artinya H0 ditolak H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu media liveworksheets terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X pada materi eksositem di SMA N 1 Punggur. Kata Kunci : Discovery learning, media liveworksheets, dan hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:59
Last Modified: 29 Aug 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20730

Actions (login required)

View Item View Item