ULFA, ZUHAIRA (2022) PENERAPAN KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN CANGKANG KERANG UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA PERWANIDA II BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian pada penerapan kegiatan kolase menggunakan cangkang kerang dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang sangat penting dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini. Karena dengan penerapan kegiatan kolase menggunakan cangkang kerang tersebut dapat meningkatkan antusias dan minat anak terhadap penerapan kegiatan kolase menggunakan cangkang kerang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan kegiatan kolase menggunakan cangkang kerang dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B di RA Perwanida II Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitaian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan didalam kelas ketika proses pembelajaran berlangsung. PTK dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Jenis penelitian yang dikembangkan oleh kemmis Dan M.C Tagart dimana menurut kemmis penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian dengan prinsip aksi-refleksi yang akan dilakukan penelitian dalam situasi tertentu, guna memperbaiki suatu pembelajaran yang akan dilakukan meliputi empat tahap yaitu perencanaan,tindakan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini menggunakan kelompok B di RA Perwanida II Bandar Lampung yang berjumlah 11 peserta didik . Objek yang ada dalam penelitian ini yaitu mengembangkan kreativitas pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,teknik dokumentasi dan teknik observasi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui penerapan kegiatan kolase menggunakan cangkang kerang kelompok B di RA Perwanida II Bandar Lampung dikatakan meningkat hal ini dilihat dari adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Pada siklus I dari 11 anak yang menunjukkan Berkembang Sangat Baik ( BSB ) ada 4 anak 36,4 %, Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ) ada 3 anak yaitu 27,3 %, Mulai Berkembang ( MB ) ada 2 anak yaitu 18,2%, Belum Berkembang ( BB ) ada 2 anak yaitu 18,2%. Pada siklus II dari 11 anak yang menunjukan Berkembang Sangat Baik ( BSB ) ada 10 anak yaitu 90,90%, Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ) ada 1 anak yaitu 9,1%,yang mulai Berkembang ( MB ) tidak ada atau 0% dan yang Berkembang ( BB ) tidak ada atau 0%. Sehingga melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75% dari seluruh peserta iii didik kerang kelompok B di RA Perwanida II Bandar Lampung. Kata Kunci : Penerapan Kegiatan Kolase Menggunakan Cangkang Kerang, Perkembangan Kreativitas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 03:56 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 03:56 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20729 |
Actions (login required)
View Item |