MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPRESI BEBAS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AISYIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

LESVITA, GHITA SWARANTIKA (2022) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPRESI BEBAS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AISYIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LESVITA GHITA SWARANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pada penerapan metode ekpresi bebas dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang sangat penting dalam mengembangkan kreativitas menggambar pada anak usia dini. Karena dengan penerapan metode ekpresi bebas tersebut dapat meningkatkan antusias dan minat anak terhadap kegiatan menggambar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan metode ekspresi bebas dapat mengembangkan kreativitas menggambar pada anak usia dini kelompok B di TK Aisyiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yaitu penelitian yang dilakukan di kelas. Jenis penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis Dan M.C Tagart dimana menurut kemmis penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian dengan prinsip aksi-refleksi yang akan dilakukan peneliti dalam situasi tertentu guna memperbaiki suatu pembelajaran yang akan dilakukan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini menggunakan kelompok B (B1) di TK Aisyiyah 1 Bandar Lampung yang berjumlah 16 peserta didik. Objek yang ada dalam penelitian ini yaitu pengembangan kreativitas menggambar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik observasi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu mengembangkan kreativitas menggambar melalui penggunaan metode ekspresi bebas pada anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Bandar Lampung dikatakan berkembang, hal ini dilihat dari adanya perkembangan dari setiap siklusnya. Pada siklus I ini data yang diperoleh dari penilaian dan evaluasi dengan jumlah anak 16 anak menunjukkan sebanyak 0 yaitu (0%) anak yang memenuhi kriteria belum berkembang (BB), sebanyak 3 yaitu (18,75%) anak yang memenuhi kriteria mulai berkembang (MB), sebanyak 8 yaitu (50%) anak yang memenuhi kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), dan sebanyak 5 yaitu (31,25%) anak yang memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus II ini data yang diperoleh dari penilaian dan evaluasi dengan jumlah 16 anak menunjukkan sebanyak 0 yaitu (0%) anak yang memenuhi kriteria belum berkembang (BB), sebanyak 0 yaitu (0%) anak yang memenuhi kriteria mulai berkembang (MB), sebanyak 2 yaitu (12,5%) anak yang memenuhi kriteria berkembang iii sesuai harapan (BSH), dan sebanyak 14 yaitu (87,5%) anak yang memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB). Sehingga melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75% dari seluruh peserta didik kelompok B TK Aisyiyah 1 Bandar Lampung. Kata Kunci : Kreativitas Menggambar, Metode Ekspresi Bebas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:53
Last Modified: 29 Aug 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item