EFEK KOMUNIKASI BEDA BUDAYA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung)

NADIA, ALVIDA LISA (2022) EFEK KOMUNIKASI BEDA BUDAYA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini disebabkan karena manusia merupakan mahluk sosial, dan dalam melakukan interaksi sosial setiap individu memerlukan komunikasi. Komunikasi sendiri merupakan proses pertukaran pesan antara komunikator dengan komunikan. Komunikasi dapat terjalin dengan siapa saja tak terkecuali dengan orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda.hal ini disebabkan karena di Indonesia sendiri terdiri dari berbagai macam suku dan budaya sehingga komunikasi antar indvidu yang berbeda budaya ini memang sering terjadi. Komunikasi beda budaya ini juga terjadi di lingkungan pendidikan seperti universitas, komunikasi beda budaya yang terjadi dilingkungan universitas umumnya dilakukan oleh para mahasiswa, dan dari komunikasi yang terjadi setiap hari antar mahasiswa memungkinkan terbentuknya suatu kepribadiann akibat dari komunikasi beda budaya itu. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana efek dari komunikasi beda budaya dalam membentuk kepribadian pada mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2018, serta faktor apa saja yang menjadi penghambat komunikasi beda budaya yang terjadi di lingkungan mahasiswa tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskripsi kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh dari mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam angkatan 2018, selain sumber data primer peneliti juga menggunakan sumber data sekunder yang didapat dari buku, jurnal, dokumentasi, ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa komunikasi beda budaya yang terjadi dilingkungan mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam angkatan 2018 berefek pada pembentukan kepribadian mahasiswanya, efek yang dirasakan yaitu terdapat pada perubahan logat serta gaya bicara dari mahasiswa dan juga berefek pada perubahan sifat, sikap serta tigkah laku dari mahasiswa tersebut. Selain itu faktor yang menjadi penghambat komunikasi beda budaya di lingkungan mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam angkatan 2018 yaitu adalah faktor bahasa, prasangka buruk dan gegar budaya atau culture shock. Kata Kunci : Efek, Komunikasi Beda Budaya, Kepribadian, Faktor Penghambat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:36
Last Modified: 29 Aug 2022 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20726

Actions (login required)

View Item View Item