PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DI TK AL-HIDAYAH BANDAR LAMPUNG

EGA, FARAZITA AYU SEKAR MAYANG (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DI TK AL-HIDAYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya kemampuan kecerdasan logika matematika peserta didik dalam kegiatan mengajar di TK Al Hidayah Bandar Lampung yaitu masih menggunakan pembelajaran konvensional dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, penulis tertarik menggunakan pembelajaran sentra dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain posttest only control design. Analisis uji prasyarat yang dilakukan untuk menghitung normalitas dengan uji kolmogorov smirnov, pehitungan homogenitas dengan uji lavene statistik pada kedua sampel (kelas eksperimen dan kontrol) dan analisis uji hipotesis menggunakan t-test atau uji t, dengan rumus Independent Samples T Test. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for windows diketahui besar pada output SPSS setelah dilakukan analisis uji t dengan Independent Sample T Test sebesar 2,892, menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel 2,048. Melalui kriteria uji jika thitung ≤ ttabel maka H0 diterima, ternyata thitung > ttabel yaitu 2,892 > 2,048 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima, Artinya pembelajaran sentra dapat berpengaruh terhadap kecerdasan logika matematika di TK Al Hidayah Bandar Lampung. Kata Kunci : Pembelajaran sentra, Kecerdasan Logika Matematika. iii ABSTRACT One of the factors of the low ability of students‘ mathematical logic intelligence in teaching activities at Al Hidayah Kindergarten Bandar Lampung is that tehy use conventional learning and the lack of use of learning media. To addres these problems, the authors are interested in using central learning in developing mathematical logic intelligence. The tye of research is quantitaive research with experimental method with posttest only control design. Prerequisite test analysis was carried out to calculate normality using the Kolmogorv Smirnov test, homogeneity calculation using statistical lavene tests on both samples (experimental and control classes) and hypothesis testing analysis using t-test or t-test, with the formula Independent Sample T Test. Based on the results of calculations carried out with the help of the SPSS version 20.0 for windows program, it is known that the SPSS output is large after the t-test analysis with the Independent Sample T Test is 2.892, using a significance level of 5%. The t-table is 2.048. through the test criteria if tcount ttablethen h0 is accepted, it turns out that tcount>ttbale is 2.892 > 2.048 so H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be condluded that H0 is rejected, Ha is accepted, meaning that centra learning can affect the intelligence of mathematical logic in Al Hidayah Kondergarten, Bandar Lampung. Keywords : Central Learning, Mathematical Logic Intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:05
Last Modified: 29 Aug 2022 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20725

Actions (login required)

View Item View Item