MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR SINAR LAUT BANDAR LAMPUNG

RIDOL, FATURROHMAN (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR SINAR LAUT BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RIDOL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap Madrasah memiliki sarana dan prasarana, baik itu memadai atau tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran. Pengelolaan ini dimaksudkan dalam menggunakan sarana dan prasarana bisa berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan 4 cara yaitu, triangulasi sumber data, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan triangulasi teori. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh lima kesimpulan sebagai berikut: yang pertama, Perencanaan pengadaan kebutuhan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung tidak selalu melihat kebutuhan yang ada dan perencanaan kebutuhan dilakukan kapan saja semua dilakukan tidak menentu. Keduatahap pengadaan, dalam tahap ini Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung selalu menyesuaikan dengan rencana yang telah disusun.Ketigatahap pemakaian, pemakaian ataupun penggunaan sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung dalam kaitannya dengan hal tersebut tidak ada prosedur resmi ataupun aturan-aturan tertulis dalam penggunaan sarana dan prasarana, dengan barang yang digunakan ada 2 jenis, yaitu barang habis pakai dan barang tidak habis pakai. Keempatdalampengurusan atau pencatatan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung semua warga Madrasah merupakan penanggung jawab atas pengurusan sarana dan prasarana. Kelima adalah melakukan pertanggungjawaban dengan jalan membuat laporan inventarisasi. Kata Kunci : Manajemen Sarana dan Prasarana iii ABSTRACT The background of this research is that every Madrasah has facilities and infrastructure, whether it is adequate or not. These facilities and infrastructure need to be utilized and managed for the benefit of the learning process. This management is intended to use the facilities and infrastructure to run effectively and efficiently. This research uses a qualitative approach with a case study research design. Data collection techniques used three techniques, namely interviews, observation and documentation. The data obtained during the study were analyzed by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Meanwhile, checking the validity of the data was carried out by diligent observation and triangulation. Triangulation is done in 4 ways, namely, triangulation of data sources, triangulation of techniques, triangulation of time, and triangulation of theory. Based on the data analysis that has been carried out, five conclusions were obtained as follows: first, planning for the procurement of facilities and infrastructure needs at Madrasah Ibtidaiyah Mathla'ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung does not always see the existing needs and planning needs are carried out anytime everything is done erratically. The two stages of procurement, at this stage the Madrasah Ibtidaiyah Mathla'ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung always adjusts to the plans that have been prepared. The three stages of use, use or use of existing facilities and infrastructure at Madrasah Ibtidaiyah Mathla'ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung in relation to this there are no official procedures or written rules in the use of facilities and infrastructure, with the goods used there are 2 types , namely consumables and non-consumables. Fourth, in managing or recording facilities and infrastructure at Madrasah Ibtidaiyah Mathla'ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung, all Madrasah residents are responsible for managing facilities and infrastructure. Fifth is to carry out accountability by making an inventory report. Keywords: Facilities and Infrastructure Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:44
Last Modified: 29 Aug 2022 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20723

Actions (login required)

View Item View Item