MANAJEMEN ORGANISASI ROHANI ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Hafiz, Dulloh (2022) MANAJEMEN ORGANISASI ROHANI ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI HAFIDZ DULLOH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Moderasi beragama merupakan kunci terpeliharanya toleransi dan kerukunan, baik tingkat lokal, nasional maupun global. Baik di sekolah-sekolah atau kampus-kampus. Menolak ekstremisme dan liberalisme dalam beragama adalah kunci keseimbangan, demi terpeliharanya peradaban dan terciptanya perdamaian. Dengan cara inilah masing-masing umat beragama dapat saling menghormati, menerima perbedaan, serta hidup bersama dalam damai dan harmoni. Penelitian ini dilakukan karena penyebaran paham-paham ekstrem, liberal, serta intoleran tidak hanya mengarah pada masyarakat umum saja, melainkan kalangan pelajar serta mahasiswa juga menjadi sasaran empuk dalam penyebarannya. Dikarenakan pelajar yang berusia relatif muda yang masih dalam tahap mencari jati diri, dan rendahnya pengetahuan keagamaan sehingga mudah terpengaruh terhadap paham-paham yang sifatnya instan. Rohani Islam SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung merupakan salah satu organisasi intra sekolah yang bernafaskan keagamaan Islam yang memiliki peranan penting dalam menggerakkan dakwah keagamaan di sekolah. Rohani Islam (ROHIS) merupakan organisasi yang strategis untuk menanamkan dan memupuk nilai-nilai moderasi. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah pertama, mendeskripsikan perencanaan rohani Islam, mulai dari Visi Misi rohani Islam, profil rohis, sejarah rohis, program kerja rohis, struktur rohis, jenis-jenis kegiatan rohis SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Kedua, mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan yang dilakukan berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Ketiga, mengevaluasi organisasi rohani Islam dalam melaksanakan program rohis yang berkaitan dengan moderasi beragama mulai dari evaluasi personil dan evaluasi program yang dilaksanakan. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian tanpa menggunakan angka stasistik tetapi dengan penerapan secara deskriptif yaitu berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi di saat sekarang, dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi fokus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagaimana adanya. Metode pengumpulan data penulis mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis peneliti maka diperoleh kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan Rohani Islam SMA Al-Azhar 3 Bandar iii Lampung dalam menanamkan sikap moderasi beragama peserta didik yakni dengan cara memberikan pendalaman pengetahuan agama, memilah mentor rohis dan melakukan pendekatan kepada rohis bekerja sama dengan kepala sekolah dan kementrian agama setempat akan pentingnya moderasi beragama dikalangan pelajar. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara serta observasi peneliti terkait kegiatan�kegiatan yang dilakukan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Kata Kunci : Manajemen Organisasi Rohani Islam Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama iv ABSTRACT Oleh: Hafiz Dulloh Religious moderation is the key to maintaining tolerance and harmony, at local, national and global levels. Either in schools or campuses. Rejecting extremism and liberalism in religion is the key to balance, for the sake of maintaining civilization and creating peace. In this way, each religious community can respect each other, accept differences, and live together in peace and harmony. This research was conducted because the spread of extreme, liberal, and intolerant ideas does not only target the general public, but students and college students are also easy targets for their spread. Due to the relatively young age of students who are still in the stage of finding their identity, and the low level of religious knowledge, they are easily influenced by instantaneous ideas. Rohani Islam SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung is one of the intra-school organizations with an Islamic religion that has an important role in moving religious da'wah in schools. Rohani Islam (ROHIS) is a strategic organization to instill and cultivate the values of moderation. The objectives of this research are first, to describe Islamic spiritual planning, starting from the Islamic spiritual vision and mission, spiritual profiles, spiritual history, spiritual work programs, spiritual structures, types of spiritual activities at Al-Azhar 3 Senior High School Bandar Lampung. Second, it describes how the implementation is going well in accordance with the predetermined plan. Third, evaluate Islamic spiritual organizations in carrying out spiritual programs related to religious moderation starting from personnel evaluation and evaluation of programs implemented. This research was a qualitative approach, namely a research approach without using statistical numbers but with a descriptive application, namely trying to describe a symptom, event, event that is happening at the present time, where this research takes pictures of events and events that occur to be the focus of attention and then described as they are. . Data collection methods the author uses interviews, observation, and documentation. From the results of the researcher's analysis, it was concluded that the efforts made by Islamic Spiritualists at Al-Azhar 3 Bandar Lampung High School in instilling an attitude of religious moderation v in students were by providing deepening of religious knowledge, sorting out spiritual mentors and approaching spiritualists in collaboration with school principals and ministries. local religion on the importance of religious moderation among students. This is in accordance with the results of interviews and observations of researchers related to the activities carried out at Al-Azhar 3 High School Bandar Lampung. Keywords: Islamic Spiritual Organization Management in Instilling Religious Moderation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:35
Last Modified: 29 Aug 2022 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20721

Actions (login required)

View Item View Item