MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

IING, CHANDRA SAPUTRA (2022) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & V.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI IING CHANDRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung mempunyai banyak siswa di tengah persaingan di masa pandemi covid 19. Analisis bauran pemasaran (marketing mix) dipilih karena unsur 7P (Product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsur suatu program pemasaran yang perlu dipertimbangkan secara segementasi, targeting, dan positioning yang di tetapkan dapat berjalan sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran jasa Pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana penulis melakukan penelitian secara langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengupulkan data. Penelitian yang dilaksankan di lapangan adalah meneliti yang masalah yang sifatnya kualitatif. Selain itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian menggunakan pendekatan deskriftif kualiatif, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan tehnik dokumentasi. Focus informasi pada penelitian ini berasal dari wakil kepala sekolah dan waka kesiswaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa Pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar lampung sangat baik yaitu : 1) Produk (Produck), SMP Muhammadiyah 3 Bandar lampung menawarkan produk program unggulannya yaitu Tahfidz adalah menghafal Qur’an juz 30, Berbahasa Bahasa arab dan Bahasa inggris, kegiatan untuk pengembangan diri di luar mata pelajaran sekolah. 2) Harga (Price) biaya Pendidikan terbilang murah untuk spp perbulan Rp 400.000 dengan program unggulan dan hak pelayanan layinnya. 3). Tempat (Place) lokasi dan letak gedung SMP Muhammadiyah 3 bandar lampung pun dapat terlihat dengan jelas dari orang-orang yang melintas di Jl. Zainal Abidin Pagar Alam. 4). Promosi (Promotion) yang dilakukan SMP Muhammadiyah 3 Bandar lampung yaitu dengan publikasi famflet dimedia massa seperti web-site, Instagram, whatsaap, facebook, secara ber ulang-ulang. 5). Orang (People) memiliki 43 guru iii dan 8 tenaga kependidikan (tata usaha). Mengenai kualifikasi akademik tenaga pendidik, hampir semua berijazah S1. Sedangkan kualifikasi tenaga kependidikan terdiri S1, D3 SMA. 6). Bukti fisik (Physical evidence) sarana dan prasarana SMP Muhammadiyah 3 Bandar lampung memadai dan menunjang kegiatan proses belajar mengajar. 7). Proses (Procces) proses jasa pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar lampung. Kriteria utama untuk masuk dan di terima di sekolah yang bisa mengaji. Kata Kunci : Bauran Pemasaran (Marketing Mix) SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung iv ABSTRACT This research was conducted because SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung has many students in the midst of competition during the covid 19 pandemic. The marketing mix analysis was chosen because of the 7P elements (Product, price, place, motion, people, physical evidence, and process) is a tool for marketers consisting of various elements of a marketing program that needs to be considered by segmentation, targeting, and positioning that are determined to be successful. This study aims to determine how the application of the marketing mix of education services at SMP Muhammadiyah 3 Bandar lampung. This research whes a field research, where the author conducts research directly to the location to obtain and collect data. The research carried out in the field is examining qualitative problems. In addition, to answer these questions, the study used a qualitative descriptive approach, using interview data collection techniques, observation and documentation techniques. The focus of information in this study came from the vice principal and waka for student affairs. The results of this study indicate that the marketing mix of Education services at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung is very good, namely: 1) Product (Produck), SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung offers its superior program product, namely Tahfidz whes memorizing the Qur'an juz 30 The results of this study indicate that the marketing mix of Education services at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung is very good, namely: 1) Product (Produck), SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung offers its superior program product, namely Tahfidz is memorizing the Qur'an juz 30 Arabic and English, activities for self-development outside school subjects. 2) The price of education costs is quite gurah mtuk sp per month of IDR 400,000 with superior programs and services like Lavinrya 3) The location and location of the Muhammadiyah3 SMP building in Bandar Lampung can also be seen clearly from people passing by on Jl. Zainal Abidin Pagar Alam. 4). Promotion (Promotion). conducted by SMP Muhammadıyah 3 Bandar Jamung vaitu with publications of flyers in v mass media such as web-sites, Instagram, vhatsaap, facebook, repeatedly 5) People (People) have 43 teachers and 8 education staff (administration). Regarding the academic qualifications of educators, almost all have bachelor's degrees. While the qualifications of educational staff consist of S1, D3 SMA 6) Physical evidence (Physical evidence) facilities and infrastructure for SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung are available to support teaching and learning activities. and was accepted at a big school that recites the Koran. Keywords : Marketing Mix, SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:54
Last Modified: 26 Aug 2022 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20716

Actions (login required)

View Item View Item