PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA DAN EASE OF USE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGUNAAN E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Pengguna Shopee)

Asri, Prabaningtyas (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA DAN EASE OF USE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGUNAAN E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Pengguna Shopee). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Asri Prabaningtyas.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Modernisasi membawa banyak perubahan dalam cara masyarakat melakukan aktivitasnya. Salah satu bukti modernisasi di masyarakat adalah perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan teknologi ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitasnya termasuk kemudahan dalam bertransaksi jual beli. Di era modernisasi, transaksi jual beli tidak hanya dilakukan dengan mekanisme konvensional, namun juga dapat dilakukan melalui media internet, kehadiran internet membawa kemudahan, kepraktisan dan kecepatan. Di indonesia sendiri banyak e-commerce yang menawarkan barang dan jasa seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak dan lainnya. Saat kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk menerapkan sosial distancing, dan harus di rumah hal ini membuat berbelanja online menjadi pilihan. E�commerce memberikan penawaran kemudahan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, termasuk mahasiswa sehingga ada perubahan tentang perilaku konsumen misalnya yang awalnya jual beli dengan konvensionel atau dengan tatap muka secara langsung, sekarang bisa dengan jual beli online. Disaat maraknya jual beli secara online seperti yang terjadi saat ini, masih banyak masyarakat yang takut dan ragu untuk melakukan belanja secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, harga dan ease of use terhadap perilaku konsumen pada penggunaan e-commerce dalam perspektif ekonomi Islam studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung penggguna shopee. Penelitian ini menggunakan analisis data bersifat kuantitatif dan analisis deskriptif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Intan lampung, penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga di dapatkan 100 sampel untuk penelitian ini dan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dilakukan secara sengaja dengan mempertimbangkan kriteria responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu iii variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), variabel bebas ada 3 yaitu Kepercayaan (X1), Harga (X2), Ease Of Use (X3) sedangkan variabel terikat adalah Perilaku Konsumtif. Berdasarkan hasil pengujian data yang telah dilakukan peneliti, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, dan ease of use mempunyai pengaruh yang signifkan terhadap perilaku konsumtif pada penggunaan e-commerce. Sedangkan variabel kepercayaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif pada penggunaan e-commerce pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung pengguna Shopee. Kata kunci : Kepercayaan, Harga, Ease Of Use, Perilaku Konsumtif, E-commerce iv ABSTRACT Modernization brings many changes in the way people carry out their activities. One proof of modernization in society is the development of technology today. The development of this technology provides many conveniences for the community in carrying out their activities, including the convenience of buying and selling transactions. In the era of modernization, buying and selling transactions are not only carried out with conventional mechanisms, but can also be done through internet media, the presence of the internet brings convenience, practicality and speed. In Indonesia, there are many e-commerce sites that offer goods and services such as Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak and others. When the Covid-19 pandemic conditions require people to implement social distancing, and have to stay at home, this makes online shopping an option. E-commerce provides convenience offers to meet the needs of the community, including students so that there is a change in consumer behavior, for example, initially buying and selling conventionally or face-to-face, now it can be done by buying and selling online. When buying and selling online is rampant as is happening today, there are still many people who are afraid and hesitant to do shopping online. This study aims to determine the effect of trust, price and ease of use on consumer behavior in the use of e�commerce in the perspective of Islamic economics studies on students of UIN Raden Intan Lampung shopee users. This study uses quantitative data analysis and descriptive analysis with the aim of testing the established hypotheses and the data collection method used in this study is a questionnaire using a Likert scale. The population in this study were students of UIN Raden Intan Lampung, the determination of the sample in this study used the Slovin formula so that 100 samples were obtained for this study and used a purposive sampling technique, namely the determination of the sample was carried out intentionally by considering the respondent's criteria. The variables used in this study are the independent variable (X) to the dependent variable (Y), there are 3 independent variables, v namely Trust (X1), Price (X2), Ease Of Use (X3) while the dependent variable is Consumptive Behavior. Based on the results of data testing that has been carried out by researchers, the results of this study indicate that the variable price, and ease of use have a significant influence on consumptive behavior in the use of e-commerce. While the trust variable does not have a significant influence on consumptive behavior on the use of e�commerce at UIN Raden Intan Lampung students, Shopee users. Keywords: Trust, Price, Ease Of Use, Consumptive Behaviour, E�commerc

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:50
Last Modified: 26 Aug 2022 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20715

Actions (login required)

View Item View Item