P E N G A R UH M O D E L P E M B E L A J A R A N PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

MAISAROH, Slamet (2022) P E N G A R UH M O D E L P E M B E L A J A R A N PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_MAISAROH L 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa. Inovasi model pembelajaran diperlukan guna mendukung perkembangan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis. Model pembelajaran Problem Based Learning lebih memfokuskan pada masalah agar siswa dapat mengkontruksikan pengetahuannya sendiri dan berpikir pada tingkat yang lebih tinggi. Pada prosesnya siswa dipermudah dan diajak untuk lebih bersemangat dalam belajar melalui media Quizizz. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan Quizizz, PBL, dan Direct Instruction terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa, (2) Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan Quizizz, PBL, dan Direct Instruction terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (3) pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan Quizizz, PBL, dan Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Multivariate Analysis of varians dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini memperoleh nilai sebesar 0,000 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan quizizz, PBL, dan DI terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis. Berdasarkan dari semua perhitungan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan quizizz berpengaruh lebih baik dari pada model pembelajaran PBL dan DI terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: Problem based learning, quizizz, komunikasi, dan berpikir kritis matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:59
Last Modified: 25 Aug 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20705

Actions (login required)

View Item View Item