ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2018)

ENDANG, RAHAYU (2022) ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2018). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi ENDANG RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu perubahan perilaku pasar berbasis online dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang menyebabkan sebagian masyarakat terutama dikalangan mahasiswa memanfaatkan e-commerce sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan juga memanfaatkannya sebagai sarana untuk usaha. Tetapi pada kenyataannya, banyak mahasiswa seperti di jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018 yang hanya menggunakan e-commerce untuk dikonsumsi saja, dan hanya sedikit yang memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai peluang berwirausaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah e-commerce berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018 & bagaimana peran e�commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018 dalam perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018 dan untuk mengetahui peran e-commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018 dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 74 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Liniear Sederhana dengan aplikasi pengolahan data SPSS 25. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e�commerce (x) berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (y). hal ini membuktikan bahwa keberadaan e-commerce memberikan dampak positif dalam membangun minat berwirausaha mahasiswa. Secara keseluruhan perdagangan elektronik atau e-commerce dalam Islam diperbolehkan asalkan tidak bertentangan dengan syari‟at Islam dan menerapkan nilai-nilai ekonomi Islam didalamnya. Islam pada dasarnya mendukung e-commerce sebagai salah satu cara untuk melakukan kegiatan usaha karena memberikan banyak keuntungan terutama bagi kalangan mahasiswa. Dengan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan layanan akan menimbulkan minat atau ketertarikan mahasiswa dalam memanfaatkan e-commerce untuk memulai usaha baru bagi mahasiswa. Kata kunci : Minat Berwirausaha, E-commerce

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:57
Last Modified: 25 Aug 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20704

Actions (login required)

View Item View Item