PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK

Siti, Nurhamidah (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Siti Nurhamidah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul tematik berbasis pendekatan konstruktivistik kelas V SD/MI. Bahan ajar berupa e-modul tematik ini dibuat untuk membantu dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi dan menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga di harapkan dapat meningkatkan pemahaman bagi peserta didik. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan oleh satu ahli materi, dua ahli media, satu ahli bahasa dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan 21 peserta didik dan uji skala besar dengan 31 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Way Ratai dan MIMA Kertasana Kedondong Pesawaran. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa e-modul tematik berbasis pendekatan konstruktivistik untuk kelas V SD/MI pada memperoleh nilai rata-rata ahli media 76.75% dengan kriteria layak, nilai rata-rata ahli materi 90.7% dengan kriteria sangat layak, nilai rata-rata ahli bahasa 100% dengan kriteria sangat layak dan rata-rata penilaian pendidik 89.3% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik pada tahap uji skala kecil 89.3% dan uji skala besar 90.2% dengan kriteria sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa e�modul tematik berbasis konstruktivistik untuk meningkatkan pemahaman peserta didik layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: E-modul tematik, Konstruktivistik, Pemahaman. iii ABSTRACT The research was conducted to develop teaching materials in the form of thematic e-modules based on a constructivist approach to class V SD/MI. Teaching materials in the form of thematic e-modules are made to assist and facilitate educators in delivering material and make the learning process more enjoyable so that it is expected to increase understanding for students. The research conducted by the author is development research using the ADDIE model with 5 stages, there are; the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. Feasibility validation was carried out by one material expert, two media experts, one linguist, and two educators. The field test consisted of a small-scale test with 21 students and a large-scale test with 31 students. This research was conducted at SDN 1 Way Ratai and MIMA Kertasana Kedondong Pesawaran. Based on these stages, it can be concluded that the thematic e�module based on a constructivist approach for class V SD/MI obtained an average score of 76.75% of media experts with appropriate criteria, and the average value of material experts was 90.7% with very feasible criteria, an average of 100% linguists with very decent criteria and an average educator assessment of 89.3% with very decent criteria. While the assessment given by students at the small-scale test stage is 89.3% and the large-scale test is 90.2% with very decent criteria. This shows that constructivist-based thematic e-modules to improve students' understanding are appropriate for use in the learning process. Keywords: Thematic E-module, Constructivist, Understanding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:02
Last Modified: 24 Aug 2022 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20680

Actions (login required)

View Item View Item