KONSEP ADAB PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT SAYYID MUHAMMAD NAQIB AL-ATTAS

NURMALA, Sahroni (2022) KONSEP ADAB PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT SAYYID MUHAMMAD NAQIB AL-ATTAS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURMALA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu sarana terpenting dalam membangun sumber daya manusia dan penanaman nilai-nilai kemanusiaan yang nantinya akan menciptakan dan membentuk disiplin hidup dan tatanan kehidupan masyarakat yang sejahtera, aman dan tentram. Urgensi pendidikan tersebut akan dirasakan manfaatnya ketika mampu memahami makna pendidikan yang terkandung dalam suatu konsep pendidikan yang tepat, komprehensif, ideal, integral dan dapat dijadikan pedoman dalam mengaplikasikan semua aktivitas yang terkait dengan proses pendidikan. Dalam menentukan konsep pendidikan yang tepat, maka menjadi tanggung jawab moral bagi setiap pakar pendidikan untuk membangun teori sebagai paradigma pendidikan yang dirumuskan. Sebagaimana dilakukan oleh tokoh pendidikan populer yaitu Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Peneliti mengangkat tokoh ini karena beliau adalah salah satu seseorang intelektual Muslim yang produktif dan otoritas terhadap keilmuan khususnya dibidang pendidikan. Adapun fokus penelitian ini adalah konsep adab pendidik dan peserta didik menurut Sayyid Muhammad Naqib Al-Attas. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep adab pendidik dan peserta didik menurut pemikiran Sayyid Muhammad Naqib Al�Attas. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan libarary research (kajian pustaka) yang berusaha mengungkapkan konsep-konsep baru dengan cara membaca dan mencatat informasi yang relevan dengan kebutuhan. Dalam hal ini adalah mencakup buku-buku, teks jurnal, majalah dan hasil penelitian yang terkait dengan judul karya ilmiah ini. Adapun teknik analisa dalam penulisan ini adalah content analisis (analisis isi) yaitu teknik apa saja yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara objektif serta sistematis. Hasil dari penelitian ini adalah konsep adab berimplikasi pada kepribadian dan adab seorang pendidik yang mengharuskan pendidik memiliki adab yang baik sehingga menjadi panutan bagi peserta didiknya. Menurutnya seorang pendidik harus menghiasi dirinya dengan akhlak yang terpuji yang diharuskan adalah rendah hati, khusyu‟, tawadlu, dan berserah diri kepada Allah SWT. Selain itu, konsep ini memiliki kecenderungan untuk selalu memperhatikan kepribadian atau adab peserta didik dalam mencari ilmu pengetahuan sehingga ia dapat mengamalkan pengetahuannya dengan benar dan tepat. Peserta didik harus memiliki sifat sabar, mempunyai karakter yang baik, semangat yang tinggi serta memiliki keikhlasan niat dalam menuntut ilmu yang bertujuan untuk mencari ridho Allah dan membersihkan hati. Kata kunci: konsep, Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:56
Last Modified: 24 Aug 2022 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20679

Actions (login required)

View Item View Item