ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ADAT TUNGGU TUBANG SUKU SEMENDO (STUDI KASUS DI DESA JUKUH KEMUNING KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAYKANAN)

EVITASARI, Umar (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ADAT TUNGGU TUBANG SUKU SEMENDO (STUDI KASUS DI DESA JUKUH KEMUNING KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAYKANAN). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVITASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ADAT TUNGGU TUBANG SUKU SEMENDO (STUDI KASUS DI DESA JUKUH KEMUNING KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAYKANAN) OLEH: EVITASARI 1811010460 Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan Islam pada adat tunggu tubang suku semendo (studi kasus di desa jukuh kemuning kecamatan kasui kabupaten waykanan) Pendidikan adalah suatu tindakan membiasakan orang agar berbudaya sinkron atau membuat orang berbudaya sesuai kriteria yang diinginkan oleh masyarakat. Hubungan kebudayaan dengan pendidikan sangat erat dan berkaitan. Keterkaitan itu merupakan hubungan yang saling mempengaruhi. Jika kebudayaan berkembang maju maka pendidikan juga akan berkembang maju. Demikian juga sebaliknya, bila pendidikan semakin berkembang, maka kebudayaan juga turut semakin berkembang. Pada adat tunggu tubang yang menariknya adalah yang menerima warisan bukan anak laki-laki akan tetapi jatuh ketangan wanita yaitu anak perempuan tertua dalam keluarga. Sedangkan dalam Islam Al-Qur‟an menegaskan yang menerima warisan dari orang tuanya adalah anak laki-laki lebih banyak menerima warisan dibandingkan dengan anak perempuan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah Apa nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Adat Tunggu tubang suku semendo (studi kasus di desa jukuh kemuning kecamatan kasui kabupaten waykanan). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat dipetik dalam adat Tunggu Tubang Penelitian kualitatif lebih berupa kepada ilustrasi. Data yang terhimpun berupa kata-kata atau gambar, maka tidak mengutamakan pada angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan trigulasi. Berdasarkan hasil penelitian peneliti lakukan bahwa nilai pendidikan Islam pada adat tunggu tubang yaitu terdapan dua nilai pendidikan yang pertama nilai akhlak, nilai akhlak dalam adat tunggu tubang yang pertama birrul walidain atau berbuat baik terhadap orang tua, sabar dan syukur, bertanggung jawab dan musyawarah. Kemudian yang kedua nilai ibadah, nilai ibadah dalam adat tunggu tubang ini yaitu menjalin tali silaturahmi. Kata kunci: Nilai pendidikan Islam dalam adat tunggu tubang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:53
Last Modified: 24 Aug 2022 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20678

Actions (login required)

View Item View Item