ANALISIS PENETAPAN TINGKAT UPAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN TENAGA KERJA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Keripik KENZIE SNACK Kelurahan Way Dadi Baru Kota Bandar Lampung)

ROSILAWATI, ROSILAWATI (2022) ANALISIS PENETAPAN TINGKAT UPAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN TENAGA KERJA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Keripik KENZIE SNACK Kelurahan Way Dadi Baru Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Download (19MB)
[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Penetapan tingkat upah pada UMKM keripik kulit ikan patin KENZIE SNACK Kelurahan Sukarame, Kota Bandar Lampung menerapkan tiga jenis sistem upah yaitu upah harian, upah bulanan dan upah borongan. Dimana upah untuk memenuhi kebutuhan hidup agar pekerja dapat memenuhi kesejahteraanya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu pada pekerja pabrik keripik kulit ikan patin KENZIE SNACK, Kelurahan Sukarame, Kota Bandar Lampung sebanyak 20 orang. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pekerja pada pabrik keripik kulit ikan patin KENZIE SNACK, Kelurahan Sukarame, Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penetapan tingkat upah yang diterapkan di pabrik kulit ikan patin KENZIE SNACK, Kelurahan Sukarame, Kota Bandar Lampung terdapat tiga penetapan tingkat upah yaitu upah menurut waktu (harian dan bulanan) dan upah borongan, pemilik pabrik memberikan upah kepada pekerja secara tepat waktu dan sesuai jenis dan kinerja. Jika dilihat dari ekonomi Islam penetapan tingkat upah sudah sesuai dengan syariat Islam yaitu, adil sesuai dengan apa yang dikerjakan pekerja dan dan cukup layak karena mampu memenuhi kebutuhan pokok, hanya saja upah masih di bawah standar UMK Kota Bandar Lampung yaitu Rp.2.739.983. pendapatan pekerja pada keripik kulit ikan patin KENZIE SNACK sudah cukup baik, namun belum terprogram secara maksimal. Pemberian uang makan, bonus, dan uang transportasi yang didapatkan membantu pendapatan pekerja. Namun jika dilihat dalam perspektif ekonomi Islam pendapatan pekerja sudah sesuai dengan syariat Islam yang memerintahkan upah diberikan sebelum keringatnya kering, serta transparan dalam memberikan informasi tentang upah kepada pekerja sebelum memulai pekerjaan. Pemilik pabrik KENZIE SNACK, memberikan upah adil dan cukup layak karena mampu memenuhi kebutuhan pokok. Pendapatan/upah pekerja yang merata menurut perspektif ekonomi Islam, setiap kepala keluarga mempunyai kebutuhan hidup terhadap besarnya pendapatan yang diterima untuk memenuhi kebutuhan hidup mulai dari kebutuhan sandang, pangan, papan dan beragam kebutuhan lainnya. Maka dari itu bekerja membuat seseorang memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Kata kunci: Penetapan Tingkat Upah dan Pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:16
Last Modified: 24 Aug 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20662

Actions (login required)

View Item View Item