YUNNA, FABELLA RISTA (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG Oleh: Yunna Fabella Rista Masalah utama terkait hasil belajar peserta didik di sekolah, berdasarkan hasil prapenelitian adalah Higher Order Thinking Skill (HOTS) rendah. Ini disebabkan proses pembelajaran oleh guru yang masih berorientasi Lower Order Thinking Skill (LOTS). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Higher Order Thinking Skill pada peserta didik di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari teknik tersebut kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Artinya model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS). Kata Kunci: Model Discovery Learning, Higher Order Thinking Skill, Pengaruh
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 02:23 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 02:23 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20658 |
Actions (login required)
View Item |