PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 01 BANJIT

RATNA, DWI PUTRI RAMADINI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 01 BANJIT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RATNA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 01 BANJIT Oleh: Ratna Dwi Putri Ramadini Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 01 Banjit diperoleh hasil bahwa kemampuan literasi sains peserta didik masih tergolong rendah di karenakan pembelajaran tidak menggunakan sintak-sintak dari model pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan literasi sains biologi kelas X SMA Negeri 01 Banjit. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah quasy eksperimen. Design penelitian yang digunaka nialah pretest posttest only control design. Penelitian di lakukan pada tanggal 9 Mei sampai dengan 27 Mei 2022 di kelas X IPA SMA Negeri 01 Banjit dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (X IPA 5) dan kelas control (X IPA 3). Model pembelajaran discovery learning di laksanakan pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas control menggunakan model cooveratif learning. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPA yang berjumlah 222 yang terdiri dari 6 kelas. Berdasarkan hasil analisis data yang di peroleh uji hipotesis hasil belajar kemampuan literasi sains menggunakan uji independent t test SPSS 25 dengan hasil ttabel (1.6660) >thitung (-7,469) menunjukan bahwa nilai sig (2- tailed) = 0,000 dimana (0,000 < 0,05) maka H0 di tolak dan H1 diterima. Artinya data signifikan sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA Negeri 01 Banjit. Kata kunci: Literasi Sains, Model Discovery Learning, Perubahan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:21
Last Modified: 24 Aug 2022 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item View Item