PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs N 1 BANDAR LAMPUNG

MARIA, FAZA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs N 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARIA FAZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs N 1 BANDAR LAMPUNG Oleh: MARIA FAZA Masalah utama yang terjadi pada penelitian ini di latar belakangi oleh masi rendahnya keterampilan metakognitif dan motvasi belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran dalam kelas masih cenderung teacher center proses pembelajaran ini lebih banyak menuntut keaktifan pendidik dari pada peserta didik sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien sehingga peserta didik kurang mampu mengembangkan keterampilan metakognitif, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran biologi untuk mengembangkan keterampilan metakognitif dan motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Google Classroom Terhadap Metakognitif dan Motivasi belajar siswa Kelas VIIII MTs 1 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain kelas penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini 3 kelas VIII MTs N 1 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik acak kelas dengan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode Direct Intruction. Teknik pengambilan data berupa soal pilihan ganda (multiple choice) dan Angket (Kuesioner). Setelah data tes objektif dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan Analisis multivariat (manova). Kata Kunci: Model Blended Learning, Google Classroom, Metakognitif, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:21
Last Modified: 23 Aug 2022 08:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item View Item