PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN TRELLO TERHADAP METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME

GUSTI, SEPTI NURARANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN TRELLO TERHADAP METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 - BAB 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: GUSTI SEPTI NURARANTI Metakognitif merupakan pengetahuan yang meliputi tiga proses pengetahuan yaitu pengetahuan prosedural, pengetahuan deklaratif dan pengetahuan kondisional. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya gerak yang ada di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar dan menjamin kelangsungan kegiatan pembelajaran sehingga tujuan yang dikehendaki oleh peserta didik dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan trello terhadap kemampuan metakognitif peserta didik kelas VIII (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan trello terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahuan ajaran 2021/2022 dengan menggunakan metode penelitian yaitu Quasi Eksperimen dengan desain pretest�posttest control desain. Serta menggunakan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang di pilih dengan menggunakan teknik Probabilaty Sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan trello sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Uji prasyarat pada penelitian ini yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak maka variabel bebas (model pembelajaran problem solving berbantuan trello) menunjukan adanya pengaruh terhadap variabel terikat (kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa). Kata Kunci: Model Problem Solving, Trello, Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:25
Last Modified: 23 Aug 2022 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20654

Actions (login required)

View Item View Item