MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF EMHA AINUN NADJIB DALAM MEWUJUDKAN TOLERANSI BERAGAMA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ARYA, BAGUS WASESO (2022) MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF EMHA AINUN NADJIB DALAM MEWUJUDKAN TOLERANSI BERAGAMA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ARYA BAGUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia adalah termasuk negara yang penduduknya majemuk dalam suku, adat, budaya dan agama. Kemajemukan dalam hal agama terjadi karena masuknya agama�agama besar ke Indonesia. Tentu dalam menjaga keberagaman dan kemajemukan tidak mudah seperti membalikkan tangan. Sering sekali terjadi konflik antar internal umat agama maupun antar umat beragama. Sesungguhnya moderasi beragama atau Islam wasathiyyah merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep moderasi beragama dan Relevansi Konsep moderasi beragama dalam perspektif Emha Ainun Nadjib terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan menelusuri sumber data primer dan sekunder. Teknis analisis data meliputi analisis isi, deskripsi, komparasi, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pemikiran Emha Ainun Nadjib tentang moderasi beragama serta relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam mengarah pada sikap menjunjung tinggi toleransi dan keadilan sesama umat beragama serta tidak merasa benar sendiri dan tidak menyalahkan orang lain. Moderasi beragama sejatinya lampu yang menyinari seorang hamba untuk berjalan melakukan ajaran Islam dengan baik dan toleran. Hal yang perlu ditekankan oleh penulis di sini dalam penerapan moderasi beragama adalah Pertama, tidak bersikap ekstrem dalam menyebarkan ajaran agama. Kedua, tidak mudah mensalahkan atau mengkafirkan sesama Muslim, karena beda pemahaman agama. Ketiga, memposisikan diri dalam kehidupan di tengah masyarakat dengan senantiasa memegang teguh prinsip persaudaraan (ukhuwah) dan toleransi (tasamuh) antar sesama umat beragama dan sesama warga negara. Adapun relevansi pemikiran Emha Ainun Nadjib dalam Pendidikan Agama Islam meliputi peran orang tua, guru, lembaga pendidikan dan masyarakat sekitar untuk ikut serta ambil bagian dalam membentuk karakter serta pemahaman peserta didik dalam menerapkan moderasi beragama dan Pemikiran Emha Ainun Nadjib terhadap Pendidikan Agama Islam yang meliputi media, materi, dan evaluasi karena dengan metode ini peserta didik akan mengerti keilmuan Islam secara menyeluruh dan dengan semua ilmu itu menjadikan generasi Islam yang semakin dekat dengan Allah, manusia dan semua makhluk hidup. Bukan itu saja, peserta didik juga akan semakin paham arti hidup yang sebenarnya, sehingga kehidupan seorang muslim akan semakin membaik hari demi hari dengan adanya Islam dan pendidikannya. Kata Kunci : Moderasi Beragama, Emha Ainun Nadjib, Pendidikan Agama Islam iii ABSTRACT Indonesia is a country whose population is diverse in terms of ethnicity, customs, culture and religion. Diversity in terms of religion occurs because of the entry of major religions into Indonesia. Of course, maintaining diversity and pluralism is not as easy as turning hands. There are often conflicts between internal and inter-religious people. In fact, religious moderation or wasathiyyah Islam is the key to creating tolerance and harmony, both at the local, national and global levels. This study aims to analyze the concept of religious moderation and the relevance of the concept of religious moderation in Emha Ainun Nadjib's perspective on Islamic Religious Education. This research uses a qualitative approach with the type of literature study research. Data collection uses the documentation method by tracing primary and secondary data sources. Technical data analysis includes content analysis, description, comparison, interpretation and drawing conclusions. The results of this study indicate that Emha Ainun Nadjib's thoughts on religious moderation and its relevance to Islamic Religious Education lead to an attitude of upholding tolerance and justice among religious people and not feeling self-righteous and not blaming others. Religious moderation is actually a lamp that illuminates a servant to walk in carrying out the teachings of Islam well and tolerantly. What the author needs to emphasize here in implementing religious moderation is first, not being extreme in spreading religious teachings. Second, it is not easy to blame or disbelieve fellow Muslims, because of different religious understandings. Third, positioning oneself in life in society by always upholding the principles of brotherhood (ukhuwah) and tolerance (tasamuh) among fellow religious people and fellow citizens. The relevance of Emha Ainun Nadjib's thoughts in Islamic Religious Education includes the role of parents, teachers, educational institutions and the surrounding community to take part in shaping the character and understanding of students in applying religious moderation and Emha Ainun Nadjib's thoughts on Islamic Religious Education which includes media , material, and evaluation because with this method students will understand Islamic scholarship thoroughly and with all that knowledge makes the Islamic generation closer to Allah, humans and all living things. Not only that, students will also understand the true meaning of life, so that the life of a Muslim will improve day by day with the existence of Islam and its education. Keywords : Religious Moderation, Emha Ainun Nadjib, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:03
Last Modified: 23 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20653

Actions (login required)

View Item View Item