AYU, ANNISA SAFITRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) BERBANTUAN MEDIA PODCAST TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMP IT BUSTANUL ULUM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) berbantuan Podcast terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di SMP IT Bustanul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan Pretest�Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model pembelajaran SETS diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, hasil uji-t independent dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa nilai Sig (2-tailed) pada hasil kemampuan berpikir kritis memiliki nilai 0,00 < α 0,05. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh penggunaan model SETS (Science, Environment, Technology and Society) berbantuan Podcast terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran SETS, Podcast, Kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 06:39 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 06:39 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20648 |
Actions (login required)
View Item |