PENGARUH ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN KE INDUSTRI BATUBATA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2016-2020 (Studi Kasus pada Pekon Kalirejo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah)

DIAN, ANUGRAH (2022) PENGARUH ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN KE INDUSTRI BATUBATA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2016-2020 (Studi Kasus pada Pekon Kalirejo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN ANUGERAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas sebuah pengaruh ahli fungsi terhadap pendapatan Masyarakat Pekon Kalirejo Kecamatan Kalirejo, dengan pengalihan Lahan pertanian menjadi Tobong batu bata yang ada di pekon kalirejo masyarakat dapat mengubah lahan yang tidak produktif menjadi lahan yang bermanfaat, selain itu masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pedapatan mereka agar lebih baik lagi terhadap perekonomian dan kesejahtraan para pelaku pengalih pungsi lahan yang ada di pekon kalirejo sehingga perekonomian masyarakat cukup stabil baik segi sandang,papan,pangan cukup. penelitian ini juga bertujuan untuk membandikan lahan pertanian yang sebelum di alihpungsikan dan setelah di alih fungsikan terhadap pendapatan masyarakat pekon kalirejo apakah lebih meningkat atau sama saja terhadap pendapatan di mana lahan pertanian yang di alih pungsikan adalah lahan yang kurang produkti untuk di tanami seperti kacang panjang, kacang tanah kakau yang hasil nya kurang produktif utuk mengetahui pengaruh alih fungsi lahan pertanian ke industri batu bata terhadap pendapatan masyarakat dalam peresfektip ekonomi islam. pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kusioner secara acak dari 159 populasi dan menghasilkan 54 responden secara langsung di Pekon Kalirejo Kecamatan kalirejo untuk membantu mengolah data agar lebih valid menggunkan aplikasi statistik and servis solution (SPSS) persi 20 Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya pada variabel alih fungsi lahan menunjukan secara produkrif begitu juga pada variabel terhadap pendapatan masyarakat mengalami peningkatan dari sebelum di alih fungsikan dan setelah di alih fungsikan.Secara parsial variabel Alih fungsi lahan berpengaru positif dan Signifikan terhadap pendapatan masyarakat.Dari nilai koefisien R Square sebesar 0,066 yang dimana menunjukan bahwasnya besarnya pengaruh Alih fungsi lahan pada pendapatan Masyarakat adalah 6,6% dan 93,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Menurut perspektif ekonomi islam, sebuah usaha yang dilakukan untuk mengubah nasib suatu kaum untuk terus berusaha berjuang untuk mengubah nasib agar lebih baik lagi. Islam juga mengenal istilah upah dan gaji Yang sama hal nya dengan pedapatan bagi pelaku usaha, pekerja dan buruh. Masyarakat Alih fungsi lahan sudahdikatakan cukup dalam menerapkan ajaran islam, seorang pekerja mendapatkan gaji/Upah yang sesuai dengan Syariat. Kata Kunci : Alih Fungsi Lahan, Pendapatan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:25
Last Modified: 23 Aug 2022 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20645

Actions (login required)

View Item View Item