PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS VIII SMP NEGERI 4 GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH

Mifta, Khoyrul Fadillah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS VIII SMP NEGERI 4 GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh model pembelajaran Cooperative Tipe Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Pai Kelas VIII SMP Negeri 4 Gunung Sugih Lampung Tengah, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat statistik. Dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen Desaign, desain ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Bentuk design yang digunakan pada penelitisn ini Nonequevalen Control Group Design, desing ini memiliki dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yaitu teknik sampling dimana peneliti membentuk beberapa Cluster dari hasil penyeleksian sebagai individu yang menjadi bagian dari sebuah populasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi dan tes. Wawancara dilakukan kepada guru mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP N 4 Gunung Sugih Lampung Tengah, selanjutnya dokumentasi hasil ulangan harian peserta didik kelas VIII dan tes, tes menggunakan soal pilihan ganda pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan materi makanan dan minuman halal dan haram. Hasil penelitian dari analisis uji t (independent-samples T test) menunjukan nilai sig (2 tailed) 0,01 < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikat antara model pembelajaran Cooperative Type Bamboo Dancing dan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar PAI. Dimana hasil belajar model pembelajaran Cooperative TYpe Bamboo Dancing memiliki nilai rata rata sebesar 77.27 dengan katagori tinggi dan untuk model pembelajaran Inside Outside Circle mendapatkan nilai rata rata 68,79 dengan kategori rendah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Type Bamboo Dancing, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Ranah Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:43
Last Modified: 23 Aug 2022 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20640

Actions (login required)

View Item View Item