PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X MIA DI SMA N 1 SEPUTIH MATARAM PADA MASA PANDEMI COVID-19

MELLA, AINI SASQIA P (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X MIA DI SMA N 1 SEPUTIH MATARAM PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB II DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran e-learning berbasis media pembelajaran aplikasi google meet dan media pembelajaran aplikasi google classroom terhadap hasil belajar PAI kelas X MIA di SMAN 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu sebuah metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat statistik. Dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen Desaign, desain ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purporsive sampling yaitu teknik-teknik penentu sampel dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan tes. Dokumentasi hasil ulangan harian peserta didik kelas X dan tes, tes menggunakan soal pilihan ganda pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan materi materi larangan pergaulan bebas dan mendekati zinah. Hasil penelitian dari analisis uji t (independent-samples T test) menunjukan nilai sig (2 tailed) 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikat antara model pembelajaran e-learning berbasis media pembelajaran aplikasi google meet dan media pembelajaran berbasis google classroom terhadap hasil belajar PAI. Dimana hasil belajar model pembelajaran e-learning berbasis media pembelajaran google meet memiliki nilai rata rata sebesar 79 dengan katagori tinggi dengan 73,3% siswa memenuhi KKM dan untuk media pembelajaran google classroom mendapatkan nilai rata rata 59 dengan kata gori rendah dengan hanya 9,3% siswa yang memenuhi KKM. Kata Kunci : E-Learning, Google Meet, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:24
Last Modified: 23 Aug 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20637

Actions (login required)

View Item View Item