Analisis Perceived Usefulness, Perceived ease of Use, Kepercayaan, dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Adopsi FinTech Syariah Oleh UMKM

IMAM, SHOFFAN HASYIM (2022) Analisis Perceived Usefulness, Perceived ease of Use, Kepercayaan, dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Adopsi FinTech Syariah Oleh UMKM. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover s.d bab II + Dapus Imam Shoffan Hasyim.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Tesis full Imam Shoffan Hasyim_1860102018_Pasca UIN RIL Ekonomi Syariah_.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan pangsa pasar potensial bagi FinTech Syariah dengan populasi Muslim 88,8% dan 51% termasuk dalam kategori unbanked juga termasuk didalamnya UMKM dengan 77,6% UMKM termasuk unbankable. UMKM mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara, tetapi UMKM masih terhambat oleh beberapa persoalan untuk berkembang seperti lemahnya modal. Para Akademisi dan praktisi berpendapat bahwa optimalisasi peran teknologi keuangan syariah (FinTech Shari’a) merupakan salah satu solusi yang efektif lemahnya modal di UMKM, selain perbankan. Keberhasilan FinTech syariah tergantung pada keikutsertaan konsumen. Perumusan masalah dalam penelitian ini menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, kepercayaan, dan literasi keuangan syariah terhadap adopsi fintech syariah oleh UMKM secara parsial dan simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adopsi untuk layanan FinTech Syariah oleh UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Populasi yaitu UMKM di Bandar Lampung melalui Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Selanjutnya, perhitungan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Slovin dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Usefulness, Kepercayaan, Literasi Keuangan Syariah, dan keseluruhan variabel independen secara simultan memiliki pengaruh terhadap Adopsi FinTech syariah oleh UMKM. Sementara itu, Perceived Ease of Use tidak memiliki pengaruh terhadap adopsi FinTech syariah oleh UMKM. Variabel Literasi Keuangan syariah terbukti memiliki pengaruh terhadap adopsi FinTech syariah oleh UMKM. Variabel Perceived Usefulness memiliki pengaruh terhadap adopsi FinTech syariah dan Variabel Kepercayaan memiliki pengaruh terhadap adopsi FinTech syariah. Dapat disimpulkan secara parsial maupun simultan keempat variabel independen memiliki pengaruh Kata Kunci : FinTech Syariah, Technology Acceptance Model (TAM), Perceived Usefulness, Perceived Ease of use, Kepercayaan, Literasi Keuangan Syariah, Adopsi FinTech

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:24
Last Modified: 22 Aug 2022 08:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20634

Actions (login required)

View Item View Item