PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMA / SMK

AHMAD, HIDAYAT (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMA / SMK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD HIDAYAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan media pembelajaran PAI berbasis aplikasi Android merupakan penelitian R&D yang bertujuan untuk menciptakan produk aplikasi Android pembelajaran PAI dengan melalui berbagai tahapan mulai dari perancangan aplikasi, validasi dari berbagai ahli, mengetahui bagaimana respon guru dan peserta didik terhadap produk pembelajaran ini dan menguji efektivitas aplikasi tersebut. Model penelitian yang digunakan ialah ADDIE. Penelitian dimulai dari menemukan tiga sekolah potensial yang akan dijadikan lokasi penelitian dengan mengadakan observasi, wawancara hingga dokumentasi. Kemudian membuat aplikasi tersebut dan memvalidasi produk tersebut kepada para ahli dengan instrumen angket penilaian yang telah ditentukan. Aplikasi dinyatakan layak oleh para ahli media dengan skor 37 dan persentase 82% dengan kriteria sangat layak dan ahli materi dengan skor 17,5 dengan persentase sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak. Setelah dinyatakan layak, maka selanjutnya aplikasi akan diterapkan di sekolah-sekolah SMA yang telah ditentukan mulai dari penilaian terhadap pendidik / guru dengan skor 20 dan persentase 80% dengan kriteria layak, kemudian dari para peserta didik pada uji coba skala kecil mendapat penilaian dengan skor 17,8 dan persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak dan pada uji coba skala besar mendapatkan penilaian dengan skor 17, dan persentase 87% dengan kriteria sangat layak. Dan untuk uji efektivitas penggunaan aplikasi sendiri diadakan pre-test dan post-test dengan metode penghitungan N-gain. Pada uji coba skala kecil mendapat skor N-gain sebesar 0,74 dengan kategori efektivitas tinggi, sementara pada uji coba skala besar mendapat skor N-gain sebesar 0,66 dengan kategori efektivitas sedang. ABSTRACT Research and development of Islamic Education learning media Android application based is development research which is purposed to create Android learning application of Islamic Education with conducting every step by step starts from designing that app, validate that app by the experts, knowing how the teacher and the students respond of that app and testing of it effectiveness. Research design which is used for that research is ADDIE design. Research is started from finding three potential schools which are used for research location by conducting observation, dialogue and documentation activities. Next is creating that app and validating that app by the experts with determined questionnaire research instruments depending of the experts specialty. That app is declared valid by the experts, from media experts with score is 37 and score percentage is 87,5% with criteria “very worthy”, and from theory experts with score is 17,5 and score percentage is 82% with criteria “very worthy”. After that app is declared valid by the experts, next is that app will applied at determined senior high schools, starts from evaluating that app by the teachers with evaluation score is 20 and score percentage is 80% with criteria “worthy”. Then from the students, first at small scale trial gained evaluation score is 17,8 and score percentage is 87,5% with criteria “very worthy” and second at large scale trial gained evaluation score is 17 and score percentage is 87% with criteria “very worthy”. And for app effectiveness test, researcher hold a pre-test and post-test with N-gain calculation method. First at small scale trial gained N�gain score is 0,74 with effectiveness category “high”, and second at large scale trial gained N-gain score is 0,66 with effectiveness category “medium”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:46
Last Modified: 22 Aug 2022 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20626

Actions (login required)

View Item View Item