PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN FIQIH (MATERI QURBAN DAN AQIQAH) KELAS IX MTS

Sri, Wulan Windiani (2022) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN FIQIH (MATERI QURBAN DAN AQIQAH) KELAS IX MTS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Sri Wulan Windiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat aspek dalam dunia pendidikan juga berkembang. Perkembangan ini mendorong proses pembelajaran yang semakin modern, agar mampu bersaing dan tidak tertinggal dengan kemajuan zaman. Salah satu langkahnya yaitu dengan mengembangkan media maupun bahan ajar yang berbasis teknologi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan pre-test yang dilakukan di MTs Al-Khairiyah diperoleh informasi masih kurangnya bahan ajar, dan rendahnya minat belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar. Mengacu pada permasalahan tersebut penelitian tentang pegembangan modul digital berbasis flipbook maker ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang berupa modul digital berbasis flipbook maker pada mata pelajaran fiqih materi qurban dan aqiqah. Untuk mencapai tujuan penelitian, maka digunakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pengembangan modul digital ini mengacu pada model Borg and gall dengan menggunakan tujuh langkah dalam pengembangannya. Modul digital ini dibuat untuk mempermudah dan memberikan fasilitas belajar kepada peserta didik maupun guru yang ada dikelas. Pengembangan modul digital ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan prosedur pengembangannmodul digital berbasis flipbook maker untuk pembelajaran fiqih materi qurban dan aqiqah. 2) Mengatahui tingkat kelayakanmmodul digital berbasis flipbookkmaker dalam pembelajaran materi qurban dan aqiqah. 3) Mengetahui tingkat kemenarikan modul digital berbasis flipboook maker dalam pembelajaran materi qurban dan aqiqah. Hasil pengembangan modul digital ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai 92%, ahli media mencapai 81%, dan ahli bahasa mencapai 94%. Dan uji coba lapangan mencapai 92% yang menunjukkan bahwa modul digital berbasis flipbook maker ini valid dan menarik. Dari hasil pre-test peserta didik mendapat nilai rata-rata 62 dan hasil post-test mendapatkan nilai rata-rata 86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang iii iii signifikan pada tingkat pemahaman peserta didik mengenai matei qurban dan aqiqah sebelum dan sesudah menggunakan modul digital. Hal ini menunjukkan bahwasannya modul digital yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai alat dan bahan ajar oleh pendidik dan peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Modul Digital. iv iv ABSTRACT The development of Science and technology makes aspects in the world of education is also growing. This development encourages an increasingly modern learning process, in order to be able to compete and not lag behind the progress of the Times. One of the steps is to develop media and technology-based teaching materials. Based on observations, interviews and pre-tests conducted at MTs Al�Khairiyah obtained information that there is still a lack of teaching materials, and low interest in learning students in the teaching and learning process. Referring to these problems, research on the development of flipbook maker-based digital modules aims to develop teaching materials in the form of flipbook maker-based digital modules on fiqh subjects of qurban and aqiqah materials. To achieve the research objectives, research and development (RnD) is used by using two types of data, namely qualitative Data and quantitative data. The development of this digital module refers to the Borg and gall model by using seven steps in its development. This digital module is made to facilitate and provide learning facilities to students and teachers in the classroom. The development of this digital module aims to: 1) Describe the procedures for developing flipbook maker-based digital modules for learning qurban and aqiqah Fiqh materials. 2) knowing the feasibility of flipbookkmaker-based digital modules in learning qurban and aqiqah materials. 3) knowing the level of interest of flipboook maker-based digital modules in learning qurban and aqiqah materials. The results of the development of this digital module meet the valid criteria with the test results of material experts reaching 92%, media experts reaching 81%, and language experts reaching 94%. And the field trial reaches 92% which shows that this flipbook maker based digital module is valid and interesting. From the results of pre-test students get an average score of 62 and post-test results get an average score of 86. So it can be concluded that there are significant differences in the level of students ' understanding of Matei qurban and aqiqah before and after using the digital module. This shows that v v the digital modules developed are very feasible to be used as teaching tools and materials by educators and learners. Keywords: Development, Teaching Materials, Digital Modules.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:36
Last Modified: 22 Aug 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20623

Actions (login required)

View Item View Item