PENGEMBANGAN POCKET BOOK DIGITAL MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

INDAH, LESTARI (2022) PENGEMBANGAN POCKET BOOK DIGITAL MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI INDAH 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan pocket boook digital matematika pada siswa kelas IV SD/MI. Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini sejumlah 43 peserta didik yang terbagi dalam dua skala yaitu skala kecil dengan subjek penelitian 15 peserta didik dan skala besar dengan subjek penelitian 28 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil penilaian berdasarkan validasi ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 84,38% dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli media mengenai pocket book ini memperoleh rata�rata sebesar 80,08% dengan kategori sangat baik. Pada uji coba skala kecil pada responden sejumlah 15 peserta didik diperoleh hasil respon peserta didik rata-rata sebesar 81,60% yang dikategorikan sangat menarik, sedangkan hasil angket respon pendidik diperoleh rata-rata sebesar 78,33% dengan kategori sesuai. Selain itu, hasil pre-test dan post-test pada uji coba skala kecil menunjukkan hasil N-gain 0,33 dengan kategori peningkatan sedang dan hasil uji effect size sebesar 0,87 yang artinya adanya pengaruh penggunaan pocket book terhadap kemampuan peserta didik dalam pembelajaran. Pada uji coba skala besar diperoleh hasil respon angket peserta didik dengan persentase rata-rata 80,00% yang dikategorikan sangat menarik dan hasil respon angket pendidik dengan persentase rata-rata 72,33% yang dikategorikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik akan media pembelajaran di sekolah. Selain itu, hasil pre-test dan post-test pada uji coba skala besar menunjukkan hasil N-gain 0,35 dengan kategori peningkatan sedang dan hasil uji effect size sebesar 0,66 yang artinya adanya pengaruh penggunaan pocket book terhadap kemampuan peserta didik. Kata kunci: Media Pembelajaran, Pocket book, Matematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:30
Last Modified: 22 Aug 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20608

Actions (login required)

View Item View Item