PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

AHMAD, FAHMI RIFANDI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of Skripsi Full Ahmad Fahmi Rifandi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran siswa masih mengandalkan guru sebagai penyampaian materinya dan siswa juga masih belum mampu belajar secara mandiri untuk mendapatkan materi pembelajarannya selain itu juga masih banyak guru yang memberikan contoh soal yang ada di buku sehingga siswa akan kesulitan dan kebingungan ketika dihadapkan dengan soal yang berbeda, hal inilah yang menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong rendah, kemudian motivasi belajar siswa juga masih lemah dikarenakan kurangnya perhatian guru terhadap siswa karena peran guru bukanlah hanya pendidik saja akan tetapi juga sebagai motivator bagi siswanya terutama siswa yang malas belajar dan siswa yang bermasalah, melihat kondisi tersebut maka penelitian ini melakukan percobaan salah satu model pembelajaran dalam pemecahan masalah matematika siswa yaitu model pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan adanya model ini diharapkan dapat memperoleh hasil belajar matematika yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan Quasy Eksperimental Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung yang jumlahnya sebanyak 8 kelas, sebagai sampel maka menggunakan 3 kelas terpilih melalui teknik cluster random sampling atau secara acak dan terpilih kelas VII G sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII H sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Adapun uji hipotesis menggunakan analisis varians satu arah dengan sel tak sama III dan uji lanjut pasca anova menggunakan metode scheffe. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa memperoleh nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 57 dengan nilai rata-rata sebesar 75,065, model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa memperoleh nilai tertinggi 95 serta nilai terendah 55 dengan nilai rata-rata 66,419 dan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa memperoleh nilai tertinggi 76 serta nilai terendah 50 dengan nilai rata-rata sebesar 58.161. Perhitungan uji anova satu arah sel tak sama diperoleh Fhitung > Ftabel sehingga dalam perhitungan H0 ditolak yang berarti H1 diterima dapat disimpulkan bahwa Flipped Classroom Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kata Kunci : Flipped Classroom, Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:22
Last Modified: 22 Aug 2022 05:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item