MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MTS YPI SHOLAATUL FATIKH SUMBER DERAS MESUJI OKI

Isaroh, Paikun (2022) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MTS YPI SHOLAATUL FATIKH SUMBER DERAS MESUJI OKI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Isaroh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah yang ingin memiliki siswa cukup banyak harus bersaing di dunia pendidikan, layaknya kompetisi, tentu setiap lembaga pendidikan melakukan berbagai cara dan setrategi agar tidak ditinggalkan oleh pelangganya. Dalam membentuk citra terhadap lembaga dalam rangka minat sejumlah calon peserta didik, maka lembaga pendidikan telah menggunakan berbagai upaya perencanaan pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui bagaimana perencanaan identifikasi, segmentasi dan positioning, diferensiasi produk, dan bagaimana pelaksanaan komunikasi dan pelayanan di MTs YPI Sholaatul Fatikh Sumber Deras Mesuji OKI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian Kepala Madrasah, Tata Usaha (TU), Guru, Wali Murid dan siswa. Sumber data penelitian, yaitu sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang peneliti gunakan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan peneliti menggunakan uji keabsahan data atau triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian tentang Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, yaitu : (1) Identifikasi pemasaran jasa pendidikan dilakukan dengan menganalisis materi, melakukan perencanaan dalam menganalisa persaingan dengan menentukan usaha bagaimana kesempatan, ancaman atau permasalahan setrategi yang terjadi untuk melihat apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. (2) Segmentasi dan positioning pemasaran jasa pendidikan dilakukan oleh kepala Madrasah, menggunakan rancangan dalam menentukan penempatan pada madrasah dan memiliki karakteristik yang berbeda. (3) Diferensiasi produk pemasaran jasa pendidikan belum mampu memiliki keunggulan pada lembaga pendidikan dari lembaga pendidikan yang lainnya. (4) Komunikasi pemasaran jasa pendidikan dilakukan oleh kepala Madrasah, guru dan staf lainnya, dalam memasarkan pendidikannya melalui brosur, banner, dan kegiatan-kegiatan yang lainnya seperti akhirussanah. (5) Pelayanan pemasaran jasa pendidikan dilaksanakan dengan baik. Berdasarkan indicator diatas dapat disimpulkan bahwaa Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan di MTs YPI Sholaatul Fatikh Sumber Deras Mesuji OKI sudah berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur. Kata Kunci : Manajemen Pemasaran, Jasa Pendidikan ABSTRAC Madrasah that want to have quite a lot of students have to compete in the world of education, like a competition, of course every educational institution does various ways and strategies so as not to be abandoned by its customers. In shaping the image of the institution in the interest of a number of prospective students, educational institutions have used various marketing planning efforts for educational services. This study aims to find out how to plan identification, segmentation and positioning, product differentiation, and how to implement communication and services at MTs YPI Sholaatul Fatikh Sumber Deras Mesuji OKI. This research uses descriptive qualitative research, with the research subjects being the Head of Madrasah, Administration (TU), Teachers, Guardians of Students and students. Research data sources, namely primary and secondary data sources. In this study using data collection techniques of observation, interviews and documentation. The analysis that the researcher uses is data reduction, data presentation and data verification. While the researchers used the validity of the data or triangulation of sources, techniques and time. The results of research on Marketing Management of Educational Services, namely: (1) Identification of marketing of educational services is carried out by analyzing the material, planning in analyzing competition by determining the business opportunities, threats or strategic problems that occur to see what the needs and desires of consumers are. (2) The segmentation and positioning of the marketing of educational services is carried out by the head of the Madrasah, using the design in determining the placement in the madrasa and having different characteristics. (3) Differentiation of marketing products for educational services has not been able to have an advantage in educational institutions from other educational institutions. (4) Marketing communication for education services is carried out by the head of Madrasah, teachers and other staff, in marketing their education through brochures, banners, and other activities such as Akhirussanah. (5) Educational services marketing services are implemented properly. Based on the indicators above, it can be concluded that the Marketing Management of Educational Services at MTs YPI Sholaatul Fatikh Sumber Deras Mesuji OKI has been running well according to the procedure. Keywords : Educational Services, Marketing Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:04
Last Modified: 22 Aug 2022 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20604

Actions (login required)

View Item View Item