NALISIS HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM CASH BACK DALAM JUAL BELI DENGAN MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA APLIKASI SHOPEE ( Study Di Toko Nonaahijab_Lpg Di Sukarame )

MUHAMMAD, ANTONIO DJODY (2022) NALISIS HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM CASH BACK DALAM JUAL BELI DENGAN MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA APLIKASI SHOPEE ( Study Di Toko Nonaahijab_Lpg Di Sukarame ). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI M ANTONIO DJODY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan banyaknya layanan baru yang muncul, salah satunya pada layanan pembayaran. Munculnya uang elektornik menjadi sangat diminati oleh konsumen karena mengurangi penggunaan uang tunai dan penggunaannya yang praktis. Untuk memikat banyak konsumen agar terus menggunakan uang elektronik ShopeePay, maka pihakAplikasi Marketplace Shopee memberikan berbagai penawaran menarik seperti Cashback dan diskon. Aplikasi Shopee memberikan Cashback dan diskon tersebut bukan dalam bentuk uang melainkan bentuk poin yang terdapat di dalam sistem aplikasi Shopee dalam bentuk poin tersebut. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Sistem Cashback dalam pembelian barang dengan menggunakan ShopeePay serta Bagaimana Analisis Hukum Islam mengenai Jual Beli yang menggunakan ShopeePay untuk mendapatkan Cashback yang diberikan oleh Shopee Tujuan Skripsi ini adalah untuk mengetahui mekanisme serta untuk mengetahui Analisis Hukum Islam mengenai Jual Beli yang dilakukan oleh Pembeli dan Penjual dengan menggunakan ShopeePay untuk mendapatkan Cashback pada aplikasi Shopee. Jenis Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif yaitu merupakan jenis penelitian lapangan yang menghubungkan norma dalam Islam terutama dalam hukum Islam dari Al-Qur‘an, hadist, dan juga pendapat para ulama tentang Cashback yang kita dapatkan ketika membeli barang dengan ShopeePay di aplikasi Shopee dalam Hukum Islam, termasuk juga data interview dengan para pihak yang bersangkutan sebagai objek penelitian untuk menganalisis data deskriptif analisis. Berdasarkan Hasil Penelitian, diketahui bahwa menggunakan ShopeePay pada aplikasi Shopee terkait pemberian Cashback dalam bentuk Coin Shopee sudah memenuhi beberapa syarat dan rukun akad jual beli yang dapat digunakan untuk potogan harga belanja dan dapat dicairkan kembali itu mubah atau diperbolehkan selama pembeli dan penjual tidak melakukan kecurangan apapun di dalam transaksi Jual Beli dan semua pihak tidak merasa dirugikan. Pihak Shopee Seharusnya lebih seleksi lagi dalam memberikan Cashback dan voucher kepada pembeli sesuai dengan data diri demi keamanan dan tidak ada terjadi kecurangan dalam penggunaan Cashback dan Voucher Shopee. Kata kunci: Jual Beli, Uang elektronik, Cashback

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:50
Last Modified: 22 Aug 2022 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20602

Actions (login required)

View Item View Item