IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

Aqilla, fadya haya effendy (2022) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AQILLA F.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kepemimpinan transformasional kemampuan seorang pemimpin untuk melakukan suatu hal perubahan yang memilki visi kedepan dan mampu mengidentifikasi perubahan lingkungan serta mampu memberikan motivasi dan inspirasi kepada para bawahan untuk kreatif dan inovatif. dilihat di MAN 1 lampung tengah bahwa ada keterbatasan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar, mulai dari factor peserta didik, keluarga peserta didik maupun sarana dan prasarana yang kurang representative maupun peran kepala madrasah dibutuhkan dalam mengelolah perubahan yang terjadi pada MAN 1 lampung tengah. Dari kendala tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 1 lampung tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dimana proses pengumpulan datanya melalui interview sebagai metode pokok yang ditunjukan kepada kepala madrasah, guru dan staff lainnya. Metode observasi sebagai penunjang, kemudian metode dokumentasi digunakan sebagai pelengkap untuk mengetahui pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan sarana dan prasarana yang ada di MAN 1 lampung tengah Dari hasil penelitian tersebut kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 1 lampung tengah telah berjalan sesuai dengan aturan yang dibentuk, dalam kegiatan guru memperhatikan materi yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar serta mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya supaya terjadi kesinambungan antara guru dan murid serta kepala madrasah melakukan perubahan yang lebih baik lagi untuk kedepannya. Dalam pelaksanaan pemimpin maupun kinerjanya masih terdapat kendala dalam proses pelaksanaanya yaitu kurang pahamnya guru dengan metode yang lebih modern dalam pembelajaran ( teknologi), sarana dan prasarana yang belum optimal serta kepala sekolah yang belum melakukan perubahan system sepenuhnya. Kata kunci: Kepemimpinan transformasional, mutu pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:52
Last Modified: 19 Aug 2022 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20598

Actions (login required)

View Item View Item