ANALISIS SISTEM TANGGUNG RENTENG DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pembiayaan BTPN Syariah di Kecamatan Tanjung Karang Barat)

UMI, ROHMAH (2022) ANALISIS SISTEM TANGGUNG RENTENG DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pembiayaan BTPN Syariah di Kecamatan Tanjung Karang Barat). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS UMI ROHMAH_PRIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan lembaga keuangan semakin berkembang, dengan berbagai macam produk pembiayaan Seperti halnya Bank BTPN Syariah yang menawarkan produk pembiayaan untuk keluarga prasejahterah produktif sebagai tambahan modal dalam menjalankan usaha. Adapun salah satu peraturan yakni adanya solidaritas atau biasa disebut tanggung renteng. Tanggung renteng merupakan pembagian kewajiban yang mana satu sama lain saling bertanggung jawab atas kewajibannya dalam pembayaran angsuran, untuk itu para calon nasabah pembiayaan sangat perlu memiliki literasi keuangan, baik dalam memilih pembiayaan dengan semua aturan yang harus disepakati maupun terhadap kemampuan pengelolaan keuangan demi terciptanya keberlangsungan usaha yang dijalani Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan skunder yang telah disebarkan kepada nasabah BTPN Syariah di Kecamatan Tanjung Karang Barat dengan total sampel sebesar 65 nasabah. Penelitian ini menemukan bahwa sistem tanggung renteng berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha. Hal serupa juga terjadi pada literasi keuangan yang memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan pengusaha mikro di wilayah Tanjung Karang Barat. Selanjutnya kedua variabel yaitu sistem tanggung renteng dan literasi keuangan secara bersama�sama mempengaruhi keberlangsungan usaha para pengusaha mikro sebesar 32,3%. Artinya, calon nasabah pembiayaan akan mengambil pembiayaan tambahan modal usaha dengan mempertimbangkan peraturan BTPN Syariah dengan adanya sistem tanggung renteng serta akan mempertimbangkan dengan baik dari sisi literasi keuangan yang dimiliki. Sistem tanggung renteng dalam ekonomi Islam disebut juga dengan kafallah, selanjutnya dalam literasi keuangan terkandung nilai-nilai dasar ekonomi Islam seperti: adl, khilafah iii dan takaful, dengan dimilikinya literasi keuangan, maka calon nasabah mengetahui akad yang digunakan. Sehingga terhindar dari unsur gharar. Kesimpulan sistem tanggung renteng dan literasi keuangan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha. Adapun saran untuk pihak bank BTN Syariah turut menanmbahkan perjanjian tertulis dalam hal tanggung renteng dengan harapan tidak terpecahnya komitmen dan untuk para pelaku usaha dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan sebelum mengambil pembiayaan. Keyword: Tanggung Renteng, Literasi Keuagan, Keberlangsungan Usaha

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:43
Last Modified: 18 Aug 2022 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20587

Actions (login required)

View Item View Item