TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP INVESTASI DENGAN SISTEM BUILD OPERATE AND TRANSFER (BOT) (Studi di Rumah Makan Pindang Uwo Sumur Putri Bandar Lampung)

RINI, SUKMAWATI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP INVESTASI DENGAN SISTEM BUILD OPERATE AND TRANSFER (BOT) (Studi di Rumah Makan Pindang Uwo Sumur Putri Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI RINI.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Perjanjian adalah suatu kesepakatan yang dibuat antara seseorang atau beberapa orang dengan seseorang atau beberapa orang lainnya, untuk melakukan suatu perbuatan tertentu. Jika diamati, bahwa kesepakatan yang dibuat oleh kedua pihak pada dasarnya akan menimbulkan suatu hak di satu sisi, dan suatu kewajiban di sisi lainnya. Hal ini erat kaitannya dengan aspek hukum yang ada. Sehingga di dalam hukum, jika suatu perbuatan memiliki pengaruh atau akibat yang terkait dengan hukum disebut dengan perbuatan hukum (termasuk perjanjian). Permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah bentuk perjanjian kerja sama antara pemilik tanah dengan pengelola Rumah Makan dan Bagaimana Pandangan Hukum Islam terhadap pelaksanaan kerjasama Build Operate and Transfer (BOT) dalam pembangunan dan pengelolaan Rumah Makan sebagai tempat usaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk perjanjian kerja sama antara pemilik tanah dengan pengelola Rumah Makan dan untuk mengetahui Pandangan Hukum Islam terhadap pelaksanaan kerjasama Build Operate and Transfer (BOT) dalam pembangunan dan pengelolaan Rumah Makan sebagai tempat usaha. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lingkungan masyarakat tertentu, baik di lembaga�lembaga organisasi masyarakat (sosial), maupun lembaga pemerintah. Sumber data diperoleh dari penelitian langsung dan diperoleh dari sumber lain seperti dar buku-buku mengenai perjanjian, jurnal dan sumber Al-qur’an dan hadits mengenai perjanjian. Berdasarkan uraian diatas skripsi ini dapat diambil kesimpulan yaitu Bentuk perjanjian kerjasama Build Operate And Transfer (BOT) yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, atas dasar perjanjian No.511.3/11297, No.007/OIM/VII/2004 antara pemegang kekuasaan tanah dalam hal ini pemilik tanah dengan pengelola rumah makan atau pelaku usaha yang akan mendirikan usaha diatas tanah pemilik tanah bangunan dengan catatan akan memberikan sebagian keuntungan hasil bisnis kepada pemerintah dan nantinya akan mengembalikan objek perjanjian berupa tanah kepada pemilik tanah jika waktu yang iii diperjanjiakan sudah habis. Kerjasama sistem Build Operate And Transfer (BOT) yang dilakukan oleh pemilik tanah dan pengelola rumah makan berdasarkan rukun dan syarat yang sudah di lakukan sudah memenuhi syariat Islam dimana kedua pihak saling menguntungkan dan melakukan hal yang halal sesuai dengan ketentuan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:22
Last Modified: 18 Aug 2022 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20586

Actions (login required)

View Item View Item