PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PECAHANKELAS IV MI HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG

Angga, Bayu Adesta (2022) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PECAHANKELAS IV MI HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Angga Bayu Adesta.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan siswa pada kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang disampaikan oleh guru, pasif dalam belajar, dan belum mampu memecahkan suatu masalahnya sendiri terutama dalam materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahamansiswa pada materi pecahan melalui pendidikan matematika realistik pada kelas IV MI Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV MI Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung dengan jumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah pemahaman siswa pada materi pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung terhadap materi pecahan. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pretest sebesar 25%, akhir siklus I sebesar 55%, dan akhir siklus II semua siswa (100%) mencapai KKM, sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 55, akhir siklus I 70 dan akhir siklus II 79. Demikian juga dengan proses pembelajaran juga mengalami peningkatan, hal itu terlihat pada peningkatan aktifitas siswa. Pada siklus I, siswa yang tergolong kategori sangat baik, baik dan cukup sejumlah 11 siswa atau 55 %, sedangkan siswa yang tergolong kategori kurang sejumlah 9 siswa atau 45%. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat secara signifikan, siswa yang tergolong kategori sangat baik dan baik sejumlah 20 siswa atau 100%.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwapenerapan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung terhadap materi pecahan. Kata kunci : Pendidikan Matematika Realistik, prestasi belajar matematika materi pecahan, siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:09
Last Modified: 18 Aug 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item