PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XIPADAMATA PELAJARAN BIOLOGI

Desta, Suci Ramadan (2022) PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XIPADAMATA PELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of Desta Suci Ramadani Skripsi Baru.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Children Learning In Science berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitu the matching pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling dengan sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu soal tes kemampuan berpikir kritis, angket minat belajar, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal kemampuan berpikir kritis, angket minat belajar peserta didik, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Children Learning In Science berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi dengan N-Gain di kelas eksperimen sebesar 0,57 dan tergolong kategori sedang, pada uji manova menunjukkan nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,006≤0,05, terdapat juga pengaruh model Children Learning In Science dengan multimedia interaktif terhadap minat belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi dengan N-Gain di kelas eksperimen sebesar 0,31 dan masuk kategori sedang, pada uji manova menunjukkan nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,000≤0,05. Kata Kunci: Model CLIS, Multimedia Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:07
Last Modified: 16 Aug 2022 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20552

Actions (login required)

View Item View Item