IMPLEMENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS INTERNET PADA GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

ASEH, LESTARI (2022) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS INTERNET PADA GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi profesional guru memiliki peran yang penting dalam pembelajaran baik secara langsung maupun secara online atau dalam jaringan sebagaimana tuntutan kebutuhan pada saat ini, maka dari itu sudah bukan waktunya lagi guru pendidikan agama islam menyampaikan materi pembelajaran hanya dengan metode konvensional (metode ceramah) melainkan membutuhkan teknologi berbasis internet. Terkait dengan kompetensi professional guru PAI dalam pemanfaatan teknologi informasi berbasis internet masih banyak yang menganggap bahwasannya guru pendidikan agama islam sangat kurang dalam hal penguasaan dan penggunaan teknolgi berbasis internet baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun dalam upaya pengembangan kompetensi profesionalnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi informasi berbasis internet pada guru PAI di SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan dalam aspek kompetensi profesional guru. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif yang melibatkan wawancara langsung kepada pendidik mata pelajaran agama islam di SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan yang bertujuan untuk mengetahui teknologi informasi apa saja yang sudah dikuasai ataupun di iplementasikan oleh guru pendidikan agama islam di SMK Negeri 1 Kalianda pada aspek kompetensi profesional guru. Kemudian hasil dari wawancara didukung dengan observasi melalui pengisian kuesioner dan dokumentasi serta dideskripsikan secara gamblang dan jelas. Indikator kompetensi professional guru PAI terdiri dari 4 aspek, yaitu: 1) penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran PAI, 2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran PAI, 3) mengembangkan materi pebelajaran secara kreatif, 4) pengembangan profesionalitas secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan 5) pemanfaatan teknologi informasi dan kounikasi untuk berkomunikasi dan mengambangkan diri. Penguasaan teknologi informasi berbasis internet dalam aspek kompetensi professional pada Guru PAI di SMK Negeri 1 Kalianda dapat dilihat dari pengimplementasian teknologi informasi berbasis internet yang sudah dilaksanakan oleh guru PAI di SMK Negeri 1 Kalianda. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Kalianda dikeahui bahwa penguasaan teknologi informasi berbasis internet dalam aspek kompetensi professional guru PAI sudah cukup baik. Pendidik sudah menggunakan teknolgi informasi berbasis internet baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam upaya pengembangan kompetensi professional guru PAI secara mandiri. Kata Kunci: Kompetensi professional guru PAI, Teknologi informasi, Internet iii ABSTRACT The professional competence of teachers has an important role in learning both directly and online or in a network as the current demands require, therefore it is no longer time for Islamic religious education teachers to deliver learning materials only with conventional methods (lecture methods) but require technology. internet based. Regarding the professional competence of PAI teachers in mastering internet-based information technology, there are still many who think that Islamic religious education teachers are very lacking in terms of mastery and use of internet-based technology both in teaching and learning activities and in efforts to develop professional competence. Therefore, this study aims to find out how the mastery of internet-based information technology for PAI teachers at SMK Negeri 1 Kalianda, South Lampung in terms of teacher professional competence. This research is a qualitative research that involves direct interviews with educators of Islamic religious subjects at SMK Negeri 1 Kalianda South Lampung which aims to find out what information technology has been mastered or implemented by Islamic religious education teachers at SMK Negeri 1 Kalianda in the aspect of teacher professional competence. . Then the results of the interviews were supported by observations through filling out questionnaires and documentation and described clearly and clearly. Indicators of professional competence of PAI teachers consist of 4 aspects, namely: 1) mastery of material, structure, concepts, and scientific mindsets that support PAI subjects, 2) mastery of competency standards and basic competencies of PAI subjects, 3) develop creative learning materials , 4) continuous professional development by taking reflective actions, and 5) utilizing information and communication technology to communicate and develop themselves. Mastery of internet�based information technology in the aspect of professional competence for PAI teachers at SMK Negeri 1 Kalianda can be seen from the implementation of internet-based information technology that has been implemented by PAI teachers at SMK Negeri 1 Kalianda. The results of the research conducted at SMK Negeri 1 Kalianda found that the mastery of internet-based information technology in the aspect of professional competence of PAI teachers was quite good. Educators have used internet-based information technology both in learning activities and in efforts to develop professional competence of PAI teachers independently. Keywords: Professional competence of PAI teachers, Information technology, Internet

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:03
Last Modified: 16 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item View Item