PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

ANISA, CINDY ROMDANI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  ANISA CINDY ROMDANI 1811010497.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini dilatarbelakangi bahwasannya pemahaman peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung masih kurang dalam pembelajaran PAI di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Penggunaan Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan metode Quasi Eksperimen Nonequivalen Control Group Design, yakni dengan menggunakan 2 kelas penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yaitu kelas VIII 4 dan kelas VIII 5. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistic dengan Uji-T dengan bantuan SPSS. Metode dalam proses pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting untuk tercapainya tujuan pendidikan. Metode yang tepat terhadap materi akan memudahkan siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Akan tetapi, masih banyak guru menggunakan metode yang kurang tepat terhadap materi ajar yang menyebabkan siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Dampak dari siswa pasif ialah prestasi belajar siswa rendah. Bedasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah perbedaan prestasi belajar antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Concept Mapping dan konvensional? (2) Apakah pengaruh strategi pembelajaran Concept Mapping dan konvensional? Peneliti menggunakan metode penelitian quasi eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Bandar Lampung pada kelas VIII 4 dan 5 yang berjumlah 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic parametric dan uji pra-syarat analisis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan hasil prestasi belajar antara peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran Concept Mapping dengan konvensional. (2) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Concept Mapping cukup signifikan dalam meningkatkan pemahaman belajar peserta didik dibuktikan dengan hasil rata-rata posttest kelompok kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran Concept Mapping sebesar 89,44. Dan kelompok kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional sebesar 81,63. Dan hasil Uji independent sampel T-test diperoleh nilai > dan nilai sig (2-tailed) 0,000 < taraf signifikansi (α ) 0,05, yang berarti ditolak dan diterima. Kata kunci : Concept Mapping, Pemahaman Belajar, Pengaruh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:00
Last Modified: 16 Aug 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20550

Actions (login required)

View Item View Item