MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI TEKNIK MENCETAK DENGAN UMBI-UMBIAN DI PAUD KOBER LATIFAH 3 BLITAREJO PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2020/2021

INDRI, SEPTIYARINI (2022) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI TEKNIK MENCETAK DENGAN UMBI-UMBIAN DI PAUD KOBER LATIFAH 3 BLITAREJO PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi INDRI SEPTIYARINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian ini penerapan kegiatan mencetak dalam proses belajar memiliki dampak yang sangat penting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Karena dengan dilakukannya penerapan kegiatan mencetak dapat meningkatkan kreativitas anak yaitu memiliki ide atau gagasan baru dalam kegiatan mencetak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “ Apakah kegiatan mencetak dengan umbi-umbian dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di PAUD Kober Latifah 3 Blitarejo Pringsewu? ”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kegiatan mencetak dengan umbi-umbian dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini pada peserta didik kelompok B Paud Kober Latifah 3 Blitarejo Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas B Paud Kober Latifah 3 Blitarejo Pringsewu yang berjumlah 12 peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu peningkatan kreativitas dalam diri peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik observasi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa penerapan kegiatan mencetak dengan umbi-umbian pada anak kelas B Paud Kober Latifah 3 Blitarejo Pringsewu, dapat dilihat dari adanya peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I dalam perkembangan kreativitas terdapat 12 peserta didik dan diperoleh 7 anak atau 58,3% dari jumlah anak memenuhi kriteria Mulai Berkembang (MB), 5 orang anak atau 41,6% dari jumlah yang memenuhi kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus ke II terdiri dari 12 peserta didik, 12 anak yang memberikan hasil Belum Berkembang (BB) tidak ada, Mulai Berkembang (MB) tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak yaitu 16,6% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 10 anak yaitu 83,3%. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila 75% peserta didik kelompok B Blitarejo Pringsewu perkembangan kreativitasnya berkembang sangat baik dapat tercapai. Kata Kunci : Perkembangan Kreativitas, Mencetak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:54
Last Modified: 16 Aug 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item