PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

LAILATUL, QODRIYAH (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LAILATUL QODRIYAH REVISI SIDANG445.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pemecahan masalah matematis adalah kemampuan peserta didik dalam memahami, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali suatu permasalahan matematika berdasarkan pembentukan pengetahuannya sendiri. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Bhakti Pemuda Tanjung Bintang masih rendah, hal ini disebabkan kurang bervariasi proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan strategi pembelajaran aktif Learning Start with a Question (LSQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif Learning Start with a Question (LSQ) terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari motivasi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMP Bhakti Pemuda Tanjung Bintang, dengan teknik acak kelas didapat sampelnya yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket motivasi peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dua variansi dua jalan sel sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh ditolak dan ditolak dan ditolak. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif Learning Start with a Question (LSQ) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) Terdapat pengaruh motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran aktif Learning Start with a Question (LSQ)t dengan motivasi terhadap pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Strategi pembelajaran aktif Learning Start with a Question (LSQ), motivasi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:06
Last Modified: 15 Aug 2022 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20535

Actions (login required)

View Item View Item