PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM BERBANTU LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI SMAN 1 WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH

Fauziah, Nur Hasanah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM BERBANTU LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI SMAN 1 WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Fauziah Nur Hasanah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar peserta didik sangat berhubungan dengan tujuan pendidikan nasional baik dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peserta didik yang mempunyai hasil belajar yang baik mempunyai kelebihan tersendiri, ia mampu mengembangkan keterampilan yang dimilikinya dari pengalaman selama proses belajar, sehingga peserta didik mempunyai hasil belajar yang tinggi. Hasil belajar dan keaktifan memiliki keterkaitan, apabila keaktifan peserta didik tinggi maka akan berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar, namun kenyataan yang terjadi disekolah hasil belajar dan keaktifan peserta didik masih tergolong rendah oleh sebab itu tujuan pendidikan tidak bisa dicapai secara maksimal, sehingga perlu adanya perbaikan terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model yang efektif, salah satunya adalah model pembelajaran Quiz Team. Quiz Team merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Quiz Team berbantu lectora inspire terhadap hasil belajar dan keaktifan kelas X pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Way Pengubuan Lampung Tengah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis Quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 5 April 2022 s/d 22 April 2022 di kelas X SMAN 1 Way Pengubuan Lampung Tengah dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster random sampling. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 peserta didik dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 peserta didik. Model pembelajaran Quiz Team berbantu lectora inspire diterapkan pada kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 1, sedangkan kelas kontrol X MIA 2 menggunakan model Direct Intruction. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan peserta didik. Penelitian ini mempunyai dua bentuk variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Quiz Team berbantu lectora inspire (X), sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar biologi (Y1) dan keaktifan peserta didik (Y2). Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorov-Smirnov pada taraf signifikan 0,05, untuk uji homogenitas menggunakan uji F dengan kriteria pengujian H0 diterima jika nilai sig > 0,05, sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara menggunakan model Quiz Team dengan model Direct Intruction, hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis dimana kelas eksperimen memperoleh nilai mean hasil belajar kognitif sebesar 73,33 dan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka H0A ditolak dan H1A diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan untuk perolehan nilai keaktifan dimana kelas eksperimen memperoleh nilai mean sebesar 71,44 dan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka H0B ditolak dan H1B diterima, artinya terdapat perbedaan keaktifan peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji MANOVA secara simultan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan iv H1 diterima, artinya model pembelajaran Quiz Team berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran biologi. Kata Kunci: Model Quiz Team, Hasil Belajar Kognitif, Keaktifan Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:08
Last Modified: 15 Aug 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20531

Actions (login required)

View Item View Item