HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP DARUL FALAH BANDAR LAMPUNG

BELLA, NURMALASARI (2022) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP DARUL FALAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BELLA..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini yaitu akhlak peserta didik yang membutuhkan perhatian dari bebagai pihak, antara lain yaitu keluarga, lingkungan masyarakat dan juga guru yang ada di sekolah. Sekarang ini banyak anak dengan hasil belajar yang cukup bagus akan tetapi tidak berbanding lurus dengan akhlak dari peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara hasil belajar dengan akhlak peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Falah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Sumber data yang diperoleh berupa data primer. Adapun teknik pengambilan data berupa soal tes dan angket. Populasi penelitian ini berjumlah 100 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden menggunakan teknik penentuan sampel dengan cara teknik simple random sampling dengan sampling acak sederhana. Adapun analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan hasil belajar sebagai variabel bebas atau independen dan akhlak peserta didik sebagai variabel terikat atau dependen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, hasil hipotesis hasil brlajar menunjukan r hitung > r tabel (0,929 > 0,2144) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan akhlak peserta didik. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan hingga diperoleh nilai regresi linier Y= 21,852 + 1,053 X, sig.Lavel 0,000 < 0,05 (nilai alpha), maka kesimpulannya terdapat hubungan antara hasil belajar dengan akhlak peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan output yang diperoleh R2 (R square) sebesar 0,863 (0,929 x 0,929) atau 86,3%. Oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar memiliki hubungan yang kuat dan signifikan dengan akhlak peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Falah Bandar Lampung Kata kunci: Hasil Belajar, Akhlak Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 05:36
Last Modified: 15 Aug 2022 05:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20529

Actions (login required)

View Item View Item