PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

Mutia, Ningsih (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIAK fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum mencerminkan akhlak seorang muslim, siswa masih banyak yang melakukan beberapa pelanggaran, seperti mecontek, berperilaku kurang sopan, kurang hormat pada guru saat guru menjelaskan materi, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama islam ( PAI ) dan hambatan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Tringgulasi digunakan untuk mengecek keabsahan data dengan sumber penelitian. Selain itu, analisis dan pengolahan data dilakukan berdasarkan hasil penelittian dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru pendidikan agama islam ( PAI ) memiliki peran penting dalam meningkatkan keceerdasan spiritual siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terdapata tiga peran penting seorang guru pendidikn agama islam ( PAI ) yaitu berperan sebagai motivator untuk memberikan motivasi maupun dukungan, manajer untuk menyampaikan materi pelajaran dan menghasilkan generasi yang berakhlak mulia, dan berperan sebagai konselor untuk membimbing peserta didik berperilaku baik, tidak merusak karakter mereka. Selain itu, dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik guru juga mengalami beberapa hambatan, diantaranya: Latar belakang peserta didik menjadi salah satu faktor yang menghalangi mereka untuk mengadopsi perilaku Islami. Teman juga bisa menjadi penghambat dalam meningkatkan keccerdasan spiritual peserta didik, yaitu pergaulan bebas. Selain itu, lingkungan masyarakat yang kurang baik, seperti hal nya, jika anak-anak bermain di lingkungan yang suka melalukan perjudian, minuman keras, perbuatan pornogrofi, dll akan mempengaruhi perkembangan spiritual seorang peserta didik. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Kecerdasan Spiritual iv ABSTRACT This research is motivated by students who do not reflect the morals of a Muslim. Many students commit several violations, such as cheating, behaving impolitely, lacking respect for the teacher when the teacher explains the material, etc. This study aims to determine the role of Islamic education teacher and obstacles in increasing spiritual intelligence during the Covid-19 pandemic. This research used the qualitative method. The researcher used observation, interviews, and documentation as data collection techniques. Triangulation is used to check the validity of the data with research sources. In addition, data analysis and processing are carried out based on the research results in the field. This study indicates that Islamic education teachers have an essential role in increasing students' spiritual intelligence. An Islamic Education teacher has three important roles: acting as a motivator to provide motivation and support, being a manager to deliver subject matter and produce a generation of noble character, and acting as a counselor to guide students to behave well, not destroying their character. In addition, in developing the spiritual intelligence of students, teachers also experience several obstacles, including the background of students is one of the factors that prevent them from adopting Islamic behavior. Friends can also be an obstacle in increasing the spiritual intelligence of students, namely promiscuity. In addition, the unfavorable community environment, for example, if children play in an environment that likes to do gambling, alcohol, pornographic acts, etc., affects a student's spiritual development. Keywords: The Role of Islamic Education Teacher, Spiritual Intelligence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 05:28
Last Modified: 15 Aug 2022 05:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20528

Actions (login required)

View Item View Item