PERSEPSI MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI DARING (VIDEO C O N F E R E N C E ) S E B A G A I S A R A N A PERKULIAHAN DARING PADA MASA PEN DEM I C OVID -1 9 DI UN IVER SITA S ISLA M NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

NELI, LESTARI (2022) PERSEPSI MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI DARING (VIDEO C O N F E R E N C E ) S E B A G A I S A R A N A PERKULIAHAN DARING PADA MASA PEN DEM I C OVID -1 9 DI UN IVER SITA S ISLA M NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of NELI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTAK PERSEPSI MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI DARING (VIDEO CONFERENCE) SEBAGAI SARANA PERKULIAHAN DARING PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG Oleh Neli Lestari Munculnya permasalahan dunia mengenai wabah Corona Virus yang disingkat dengan Covid-19 pada akhir tahun 2019 menjadikan permasalahan salah satunya pada sektor pendidikan mengharuskan peserta didik dan tenaga pendidik harus tetap melaksankana pembelajaran, jalan keluar dari permasalahan tesebut adalah adanya pembelajaran daring atau pembelajaran online. Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran daring adalah aplikasi video Conference yaitu salah satu aplikasi yang bisa menampilkan video pertemuan antara tenaga pendidik dan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi daring Video Converence sebagai sarana perkuliahan daring pada masa pandemi Covid-19 di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung jurusan Pendidikan Biologi dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dirasakan oleh mahasiswa selama menggunakan aplikasi video conference dalam proses perkulihan daring. Penelitian ini menggunakan sampel dari angkatan 2019 Jurusan Pendidikan Biologi sebanyak 46 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, yang mana peneliti mendeskripsikan data berdasarkan hasil nilai kuesioner dan didukung dengan jawaban wawancara responden. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa dari hasil total persentase pada setiap indicator yaitu pada indicator penerimaan terdiri dari 55%, indicator pemahaman 61,23%, sedangkan indicator evaluasi yaitu 68,2% dan memiliki nilai rata rata sebesar 61,47% yang mana masuk kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung jurusan Pendidikan Biologi dikatakan sudah baik dan dapat mendukung proses perkuliahan daring di jurusan Pendidikan Biologi. Sedangkan kendala yang dirasakan oeh mahasiswa ketika menggunakan aplikasi video conference masih sebatas teknis yakni kurangnya koneksi dan jaringan iv serta keterbatasan waktu yang menjadikan mahasiswa sering mengalami permasalahan dalam melaksankaan perkuliahan daring di jurusan Pendidikan Biologi. Kata Kunci: Aplikasi Video Conference, Daring, Persepsi Mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:58
Last Modified: 15 Aug 2022 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20525

Actions (login required)

View Item View Item