PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KADIR (KONEKSI, APLIKASI, DISKURSUS, IMPROVISASI, REFLEKSI) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

YOVI, OKTAVIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KADIR (KONEKSI, APLIKASI, DISKURSUS, IMPROVISASI, REFLEKSI) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover sd bab 2 dapus_compressed.pdf] PDF
Download (379kB)
[thumbnail of SKRIPSI_YOVI_OKTAVIA_1811050374_PEND.MTK_bismillah_acc__REVISI FIX_compressed (3).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika adalah suatu kemampuan yang seharusnya dikuasai oleh peserta didik. Hasil pra penelitian di kelas X MIPA SMAN 2 Bandar Lampung menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematisnya masih rendah, yaitu hanya 48,61% peserta didik yang nilainya mencapai KKM. Oleh sebab itu, peneliti memberikan solusi untuk menerapkan model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation. Tujuan di penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling, dalam penelitian ini peneliti menggunakan 4 kelas X MIPA yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation, kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan PhET Simulation, kelas eksperimen 3 menggunakan model pembelajaran KADIR dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah uji anova satu jalur dan uji komparasi ganda schefee’. Berdasarkan hasil dari analisis yang diperoleh P-value 0,000 < 0,05 maka ditolak, sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran KADIR berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Dan peneliti juga menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci : KADIR, PhET Simulation, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:35
Last Modified: 19 Aug 2022 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item